...
Wajib Coba! 8 Asupan Penangkal Lupa

PenangkalLupa-5

Benarkah dengan bertambahnya usia, seseorang akan mudah hilang ingatan? Sebuah studi menyebutkan, kehilangan ingatan bukan bagian dari pertambahan usia. Ketika Anda lupa, Anda hanya mengalami keterlambatan mengingat, bukan kehilangan ingatan.

Hal itu disebabkan, otak akan selalu memproduksi sel-sel baru di usia berapa pun. Namun diperlukan ‘bahan bakar’ yang membuat otak tetap bekerja secara optimal. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi beberapa asupan berikut ini;

Alpukat

Alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal, omega 3, dan asam lemak omega 6. Kandungan ini meningkatkan aliran darah ke otak, menurunkan kolesterol, dan membantu penyerapan antioksidan. Alpukat juga mengandung vitamin E, yang melindungi tubuh dan otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Ditambah lagi kandungan potasium dan vitamin K pada alpukat akan melindungi otak dari risiko stroke.

Kacang dan kacang polong

PenangkalLupa-3

Kacang dan kacang polong merupakan sumber yang sangat baik untuk karbohidrat kompleks. Selain itu kacang juga mengandung serat yang memperlambat penyerapan karbohidratnya, sehingga persediaan glukosa untuk otak tetap terjaga tanpa khawatir adanya lonjakan kadar gula berlebih. Kacang dan kacang polong juga kaya akan folat, asam lemak omega dan vitamin B yang penting untuk fungsi otak.

Bluberi

Buah ini kaya akan antioksidan, melindungi otak dari kerusakan oksidatif, stres yang menyebabkan penuaan dini serta menurunkan risiko terkena Alzheimer, dan demensia. Flavonoid dalam bluberi juga memperbaiki komunikasi antara neuron, meningkatkan daya ingat, belajar, dan semua fungsi kognitif, termasuk penalaran, pengambilan keputusan, pemahaman verbal, dan kemampuan numerik. Buah beri berwarna gelap yang bagus untuk otak lainnya, ialah blackberry, açai, dan goji beri.

Chia

PenangkalLupa-2

Benih Chia kaya akan asam lemak omega 3 dan kaya serat. Benih kecil yang kuat ini membantu mengendalikan kadar glukosa darah, serta mencegah risiko peradangan (antiinflamasi).

Ginkgo Biloba

PenangkalLupa-1

Ginkgo biloba menawarkan banyak manfaat untuk meningkatkan otak, dengan merangsang sirkulasi di otak. Menurut Web MD, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginkgo biloba sangat membantu dalam memulihkan fungsi memori pada awal penyakit Alzheimer.

Bacopa Monnieri

PenangkalLupa-4

Bacopa monnieri adalah ekstrak daun tanaman India dan merupakan salah satu suplemen paling penting dalam pengobatan Ayurvedic India.
Menurut Web MD, penelitian menunjukkan bahwa Bacopa efektif dalam meningkatkan fungsi kognitif.Sebuah studi tahun 2008 yang dilakukan oleh Southern Cross University di Australia meneliti 81 orang yang mengkonsumsi 300 mg bacopa per hari menunjukkan peningkatan memori dan pembelajaran verbal.

Huperzine A

Awalnya Huperzine A adalah ekstrak botani yang secara tradisional digunakan dalam pengobatan Cina untuk mengobati kelainan darah, pembengkakan, dan demam. Namun belakangan ini, telah ditemukan manfaat lain dari Huperzine.

Situs verywell.com mengungkap bagaimana suplemen otak ini bekerja membantu meningkatan kinerja daya ingat, konsentrasi, daya pikir, termasuk mencegah kepikunan dan penurunan kognitif terkait usia.

Berdasarkan hasil penelitian, zat ini terbukti memiliki kemampuan dalam menghambat aksi perusakan di otak dari suatu zat yang disebut AChE (acetylcholinesteraseinhibitor. Dengan terhambatnya AChE maka produksi Acetylcholine akan semakin banyak untuk menghantar rangsangan ke otak sehingga mampu mempertahankan fungsi memori otak.

Para ahli pun mengujicobakan konsumsi suplemen mengandung Huperzine kepada penderita demensia (pikun) dan Alzheimer. Hasilnya mengejutkan, pasien dengan penyakit Alzheimer yang diberi dosis harian Huperzine A mengalami perbaikan signifikan dalam kemampuan berpikir dan memori dalam delapan minggu pertama mengkonsumsi Huperzine. Dalam studi lain, peserta dengan demensia melihat tanda perbaikan setelah empat minggu mengkonsumsi Huperzine.

Asetil-L-karnitin

Asetil-l-karnitin adalah bentuk akselerasi zat yang dibuat secara alami dalam hati dan ginjal untuk mendukung energi. Ini juga mengandung antioksidan yang mampu melawan radikal bebas di otak yang dapat mengakibatkan hilangnya ingatan.

Asam amino ini dapat membantu memulihkan fungsi memori, menurut beberapa penelitian dari Web MD. Manfaat terbesar suplemen asam amino ini adalah mencegah penurunan ingatan dan gejala-gejala Alzheimer secara tiba-tiba.

Manfaat luar biasa dari ekstrak Huperzine A dan Asetil L Karnitin bisa Anda dapatkan di setiap kaplet Renovit Gold. Selain itu, Renovit Gold juga mengandung 12 vitamin dan 13 mineral yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka yang berusia di atas 50 tahun.

Perlu diingat kesehatan otak sangat penting bagi keseluruhan fungsi tubuh Anda. Jadi berikan nutrisi dan suplemen yang kaya akan anti oksidan, vitamin, dan mineral agar otak mampu melawan berbagai kerusakan maupun penyakit.

Share Artikel ini :