...
Nutrisi Penting Bagi Tubuh yang Wajib Kamu Penuhi Setiap hari

Seringnya Anda sakit, bisa jadi disebabkan asupan nutrisi yang tidak mencukupi dalam tubuh Anda. Nutrisi memiliki manfaat bagi tubuh dan menjadi salah satu kebutuhan Anda. Untuk itu, penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi setiap hari demi meningkatkan kesehatan dan menjaga tubuh agar tidak rentan sakit. Nah, berikut ini asupan nutrisi yang wajib dipenuhi setiap hari.

1. Karbohidrat Wajib Hukumnya

Karbohidrat berlebih memang tidak baik, tetapi bukan berarti Anda harus hindari. Konsumsi karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Sumber karbohidrat tidak melulu dari nasi, Anda bisa dapatkan karbohidrat dari gandum atau oatmeal, quinoa maupun kacang-kacangan kaya serat dan penuh vitamin serta mineral. Idealnya, 40 persen kalori Anda bersumber dari karbohidrat demi mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.


2. Jangan Lupakan Protein untuk Tubuh

Masukan 1 atau 2 sumber protein seperti ayam dan ikan atau dengan protein nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, tempe dan sayur hijau ke dalam menu harian kita. Protein berguna untuk pertumbuhan dan perbaikan sel. Tubuh akan memecah protein menjadi berbagai asam amino. Lalu asam amino tersebut diserap oleh sel-sel tubuh untuk kebutuhan metabolisme. Dalam sehari kebutuhan protein dalam tubuh sebanyak 0.8gram dari setiap 1kg berat tubuh. Sebagai acuan, 36-44 gram protein setara dengan 1-2 dada ayam.


3. Jangan Takut, Lemak juga Dibutuhkan Tubuh

Lemak kaya akan sumber energi yang membantu penyerapan vitamin A, D, E dan K serta pembentukan hormon di dalam tubuh. Sumber lemak terbaik adalah alpukat, kacang-kacangan, sayur hijau, dan buah-buahan. Agar tidak kelebihan lemak, sebaiknya orang dewasa rata-rata mengonsumsi 30 persen lemak, serta 30% protein dan 40% karbohidrat. Konsumsi sumber lemak pun sebaiknya yang mengandung omega 3 dan minyak nabati. Dengan acuan 1,500 kalori per hari, 30% lemak setara dengan 450 kalori atau 3 sendok olive oil atau 6 sendok makan selai kacang dalam sehari.


4. Perbanyak Serat Tumbuhan untuk Pencernaanmu

Untuk kebutuhan pencernaan, konsumsi serat adalah keharusan. Serat makanan merupakan bagian dari makanan yang tidak dipecah oleh tubuh dan membantu untuk menjaga fungsi sistem pencernaan lebih baik. Serat berguna membantu penyerapan nutrisi di usus dan menjaga aktivitasnya tetap optimal. Di samping itu, serat juga mengendalikan imunitas dan keseimbangan bakteri usus dan melindungi sel-sel tubuh. Sumber serat yang baik bagi tubuh antara lain bayam, kale, parsley, seledri atau gandum, sorghum, edamame dan tempe.


5. Vitamin & Mineral Hal yang Wajib Kamu Penuhi

Vitamin dan mineral sangat penting untuk metabolisme tubuh. Kondisinya saat ini, kita sering kekurangan vitamin karena pilihan dan cara pengolahan makanan modern. Contohnya vitamin C dan B kompleks, vitamin ini sangat rentan terhadap suhu sehingga seringkali rusak saat dimasak dalam suhu tinggi. Sedangkan mineral juga memiliki peranan penting dalam tubuh, mulai dari rambut, kulit, tulang hingga sel darah. Untuk itu, demi menjaga metabolime Anda, maka penting untuk ketahui vitamin dan mineral yang wajib dipenuhi.

Asupan beragam vitamin akan membuat tubuh mampu melakukan banyak tugas yang berbeda pula. Ketahui kebutuhan vitamin serta mineral dalam tubuh Anda dan dapatkan lewat konsumsi makanan yang tepat. Disamping itu, bisa pula lewat konsumsi Renovit Multivitamin setiap hari. Kebutuhan vitamin dan mineral Anda bisa terpenuhi sebab dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin mengandung 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari-hari. Renovit Multivitamin, Lebih Lengkap Lebih Sehat.

 

Share Artikel ini :