...
Dampak Gosok Gigi Pada Minuman Bersoda

GigiSoda-1

Banyak orang merasa bersalah setelah minum minuman manis dan bersoda. Oleh karenanya tak jarang dari mereka langsung menggosok gigi dengan tujuan agar gigi tetap sehat. Apakah Anda termasuk yang memiliki kebiasaan tersebut?

Sebaiknya urungkan tindakan Anda karena langsung menyikat gigi setelah minum minuman bersoda justru dapat merusak lapisan gigi (enamel). Begitu kesimpulan para ahli gigi dari Goettingen University, Jerman, yang dilansir dari situs Dailymail.co.uk.

Mengapa demikian? Lapisan enamel gigi mengandung kalsium yang akan mudah rusak dan berlubang jika terkena zat asam berlebih. Minuman bersoda mengandung zat asam jenis phosphoric acid yang biasa digunakan dokter gigi untuk menghaluskan enamel gigi sebelum melakukan penambalan gigi. Sedangkan minuman manis mengandung kadar gula tinggi yang disenangi bakteri pada gigi (plak) dan kemudian bakteri mengubahnya menjadi asam.

GigiSoda-2















Ternyata ketika Anda menyikat gigi pada waktu yang 'salah', asam yang menempel pada gigi terdorong masuk lebih dalam ke lapisan gigi. Nantinya hal ini dapat menyebabkan gigi mengalami pengikisan gigi (korosi) lebih cepat kemudian membusuk. Sehingga para peneliti menyarankan waktu terbaik untuk menyikat gigi adalah setelah 30 sampai dengan 60 menit setelah mengonsumsi minuman manis dan bersoda.


GigiSoda-4















Langkah lainnya untuk meminimalisir resiko ialah gunakan sedotan ketika meminum minuman manis dan bersoda. Selain itu, cukupi pula asupan kalsium dan vitamin D yang sudah terbukti mampu memperkuat gigi. Kedua nutrisi tersebut bisa secara praktis Anda dapatkan dalam 1 kaplet Renovit multivitamin dengan kandungan paling lengkap, 12 vitamin dan 13 mineral.  MInumlah 1 kaplet setiap hari agar gigi tidak mudah keropos terkena paparan asam, selain itu dapatkan segudang manfaat lainnya dengan mencukupi 12 vitamin dan 13 mineral.

Share Artikel ini :