...
5 Makanan Pembersih Paru-Paru Bagi Perokok

MakananParu-1

Rokok mengandung nikotin, zat kimia adiktif yang menyulitkan perokok untuk berhenti merokok. Zat nikotin masuk dan menetap di dalam aliran darah selama 6 sampai 8 jam. Dibutuhkan sekitar 2-3 hari agar sebagian besar nikotin benar-benar meninggalkan tubuh melalui urin. Namun masih terdapat sisa nikotin yang menempel di paru-paru.

Untuk membersihkannya, langkah pertama yang harus dilakukan, berhentilah merokok. Langkah selanjutnya,dilansir dari situs manipalhospitals.com, lakukan pembersihan (detoks) paru-paru, salah satunya dengan mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini; 

  1. Jahe

Kandungan zat antiseptik serta antibakteri pada jahe dapat melancarkan saluran bronkial pada paru paru, sehingga lebih mudah menghilangkan radikal bebas yang menempel di paru-paru Anda. Selain itu, jahe juga mengurangi kadar racun (toksin) di aliran darah.

  1. Jeruk

    MakananParu-2















Nikotin menghabiskan kadar vitamin C di tubuh Anda. Jeruk adalah buah sitrus yang kaya vitamin C. Dengan mengkonsumsi jeruk setiap hari dapat memenuhi kembali vitamin C di tubuh Anda. Selain itu buah jeruk, khususnya jeruk lemon dan jeruk bali, kaya zat antioksidan, sehingga dapat membantu tubuh membersihkan paru-paru serta menghambat kinerja enzim tubuh yang mengaktifkan sel kanker pada paru-paru. Minumlah setidaknya 300 ml jeruk setiap hari.

      3.  Beri 

BeriJenis buah beri seperti blueberry, raspberry atau blackberryberkhasiat mengeluarkan zat kimia beracun dari dalam tubuh. Asam dari buah beri juga dapat menghilangkan racun lebih cepat. Tak hanya itu, kandungan zat flavonoid, karotenoid, lutein dan zeaxanthin yang terkandung dalam beri dapat memerangi bakteri penyebab infeksi di paru-paru.

  1. Makanan yang mengandung zat selenium

    MakananParu-3















Merupakan mineral yang mampu merangsang enzim bersama vitamin E untuk memperkuat lapisan (membran) paru-paru. Hasil penelitian menyebutkan kadar selenium berbanding terbalik dengan jumlah sel kanker. Artinya jika tubuh terpenuhi kebutuhan zet selenium-nya,  maka sel kanker akan menurun atau bahkan hilang, begitupun sebaliknya. Makanan yang mengandung zat selenium antara lain telur, keju, jamur, gandum, daging sapi, ikan tuna, ikan salmon, kepiting, semangka, bayam dan ubi jalar. 

  1. Buah yang mengandung zat Kalium

Zat ini bertindak sebagai tonik pembersih tubuh. Buah yang kaya akan kalium diantaranya: kurma, alpukat, pepaya, pisang, dan aprikot. Minum 400 ml jus salah satu buah tersebut setiap harinya.

Seperti dipaparkan di atas, Vitamin C, Selenium, dan Kalium memegang peran penting dalam proses pembersihan paru-paru. Kendalanya, pada sebagian orang mengalami kesulitan mengkonsumsi makanan tersebut dalam jumlah tertentu.

Renovit Multivitamin bisa menjadi solusi, karena Renovit juga mengandung vitamin C, Selenium dan Kalium ditambah vitamin dan mineral lengkap lainnya. Minum 1 kaplet Renovit setiap hari. Selain itu, tentunya dibutuhkan niat dan konsistensi Anda agar paru-paru bersih dari racun rokok.

Share Artikel ini :