...
3 Buah Pencegah Terkena Stroke

buah-pencegah-struk


















Stroke tidak bisa dipandang sebelah mata. Menurut data American Stroke Association pada 2012, 795.000 orang Amerika terserang stroke. Dengan kata lain, ada satu orang terkena stroke setiap 40 detik.

Pada dasarnya, stroke dipicu oleh banyak faktor, mulai dari kebiasaan mengkonsumsi makanan siap saji, berlemak, merokok, minum alkohol dan kurang olahraga. Akan tetapi Sahabat tidak perlu khawatir, stroke juga bisa ditangkal dengan cara sederhana, yakni mengonsumsi buah-buahan. Apa saja? Berikut ulasannya.

Tomat
Tomat tak sekadar penikmat makanan. Kandungan lycopene atau zat warna merah dalam tomat bisa jadi pencegah stroke pada orang dewasa.
Itu dibuktikan dalam jurnal Neurology yang membagi 1.031 pria dewasa dalam empat kelompok. Awalnya, ada 25 kasus penyakit stroke dari 258 pria yang memiliki kadar lycopene rendah di dalam darah. Sedangkan 258 pria dengan kadar lycopene tinggi di dalam darah hanya menghasilkan sebelas kasus penyakit stroke.

Apel
Cukup satu butir apel dalam satu hari, kamu dapat menurunkan risiko penyakit stroke hingga 50 persen. Buah apel kaya akan kandungan quercetin yang mampu mengatasi inflamasi. Sekadar informasi, pengerasan pembuluh darah kerap terjadi karena inflamasi.

Pisang
Satu dari sekian alasan kamu harus menyertakan pisang dalam menu makanan. Buah ini sungguh kaya kalium. Hasil riset pun menunjukkan, konsumsi tiga buah pisang sehari bisa mengurangi risiko stroke dan mereduksi potensi pembekuan darah di otak hingga 21 persen.
Hal ini juga didukung oleh riset Health Professionals Follow-Up Study. Partisipan riset diminta mengonsumsi buah kaya kalium sebanyak sembilan porsi satu hari. Hasilnya, mereka mampu mereduksi risiko stroke sampai 38 persen ketimbang partisipan yang hanya mengonsumsi empat porsi sehari.

Share Artikel ini :