...
Yuk Deteksi Kesehatan Lewat Lidah

YukDeteksiKesehatanLewatLidah


Enak atau tidaknya makanan yang Anda makan tentu tidak terlepas dari peran lidah sebagai pengecap makanan yang Anda makan. Peran lidah sangat menentukan tingkat selera makan kita. Namun ternyata lidah juga memiliki fungsin yang lebih besar untuk mendeteksi masalah yang ada pada tubuh kita. Warna lidah ternyata dapat berubah-ubah seiring adanya perubahan kondisi pada tubuh.

Ragam perubahan warna tersebut mengindikasikan bahwa lidah punya peran lebih terhadap kesehatan. Untuk itu penting rasanya menjaga kesehatan lidah. Kesehatan lidah bisa dengan cara membersihkan lidah secara teratur. Sebisa mungkin menghindari konsumsi alkohol dan kafein. Lalu hindari penggunaan aksesoris pada lidah. Kemudian perhatikan juga jenis makanan yang Anda konsumsi.

Normalnya warna lidah kita adalah merah muda. Seiring perubahan kondisi Anda maka ada baiknya mengenal perubahan warna pada lidah dan apa saja penyebabnya.

Lidah Berwarna HItam

Warna lidah yang hitam tidak sebahaya yang Anda pikir. Warna hitam menunjukkan bahwa adanya infeksi bakteri dalam rongga mulut. Kondisi akan menjadi lebih parah apabila Anda punya kebiasaan merokok atau sering minum kopi. Untuk memperbaiki warna lidah ini bisa dengan cara perhatikan kesehatan dan kebersihan mulut. Beberapa caranya sudah pasti dengan rajin gosok gigi dan menggunakan obat kumur desinfektan.

Lidah Berwarna Biru

Jika lidah Anda mengalami perubahan warna ke warna biru, maka hal ini menandakan adanya darah yang dingin atau statis, tidak bergerak.

Lidah Berwarna Ungu

Apabila Anda memiliki riwayat penyakit jantung atau hipertensi, maka saat mendapati lidah Anda berwarna ungu harus segera diwaspadai. Warna ini menunjukan tingkat kolesterol yang tinggi dan tentu saja mengancam kesehatan. Selain itu, lidah ungu juga dapat disebabkan oleh kurangnya oksigen dalam darah karena infeksi bronkitis kronis.

Lidah Berwarna Coklat

Saat melihat ada bintik-bintik kecoklatan pada lidah ini menandakan kondisi kesehatan yang cukup buruk. Bintik cokelat pada lidah adalah tanda awal dari kanker kulit. Apabila melihat kondisi ini, segera periksakan diri ke dokter, karena deteksi awal adalah cara terbaik melawan kanker. Selain itu, kanker kulit juga mudah menyebar ke organ lain.

Lidah berwarna Merah

Warna merah pada lidah sering terjadi saat tubuh sedang demam dan suhu tubuh meningkat. Biasanya lidah akan sedikit membengkak dan menjadi merah. Apabila warna lidah berubah jadi merah namun tanpa disertai demam, maka bisa berarti Anda mengalami kekurangan vitamin B3 dan B12 atau kekurangan zat besi.

Mengingat pentingnya menyadari warna-warna perubahan pada lidah, penting pula menjaga asupan gizi dan multivitamin pada tubuh. Untuk itu dibutuhkan konsumsi multivitamin yang lengkap bagi tubuh seperti Renovit. Kombinasi 12 vitamin dan 13 mineral yang terkandung dalam Renovit akan sesuai dengan kebutuhan harian tubuh Anda.

Kenali kesehatan lewat warna lidah dan kesehatan Anda akan ditentukan dari warna tersebut.

Share Artikel ini :