...
Waspadai Cara Tubuh Berkomunikasi Saat Kekurangan Vitamin

CaraTubuhBerkomunikasi-1

Pola makan masyarakat modern akhir-akhir ini mengkhawatirkan. Dengan banyaknya makanan yang diproses instan, sangat mungkin tubuh kekurangan vitamin.

Beberapa laporan dari Departemen Pertanian Amerika Serikat menyatakan bahwa9 dari 10 orang Amerika kekurangan potasium,8 dari 10 kekurangan vitamin E,7 dari 10 kekurangan kalsium, dan 50% orang Amerika kekurangan vitamin A, vitamin C, dan magnesium.

Sedangkan, estimasi WHO (2001) angka kebutaan tertinggi di Asia Tenggara terdapat di Indonesia yaitu 1,5 % dari jumlah penduduk atau setara dengan 3 juta orang dan disusul oleh Bangladesh (1%), India (0,7 %), dan Thailand (0,3 %). Kebutaan tersebut sebagian besar disebabkan kekurangan asupan vitamin A.

Tubuh memiliki cara sendiri untuk berkomunikasi dengan kita. Misalnya saat kekurangan vitamin tertentu, maka tubuh berusaha “mengatakan sesuatu” melalui gejala-gejala sebagai berikut. 

  1. Sudut mulut mengalami pecah-pecah. Gejala ini merupakan tanda tubuh kekurangan zat besi, zinc, dan vitamin B seperti niacin (B3), riboflavin (B2), dan B12.

    CaraTubuhBerkomunikasi-2
  1. Kulit bersisik ruam dan seringkali disertai kerontokan rambut. Hal ini dikarenakan kekurangan vitamin rambut yang disebut biotin (B7). Ketika tubuh menyimpan vitamin yang larut lemak (A,D,E,K), maka vitamin B yang terlarut dalam air juga tidak disimpan.

    CaraTubuhBerkomunikasi-4
  1. Kesemutan, rasa tertusuk-tusuk, dan mati rasa di tangan, kaki atau di tempat lain. Biasanya disebabkan kekurangan vitamin B seperti folat (B9), B6, dan B12.

    CaraTubuhBerkomunikasi-5
  1. Benjolan berwarna merah atau putih seperti jerawat, biasanya muncul di pipi, lengan, paha dan pantat. Kondisi ini dikarenakan kekurangan asam lemak esensial dan vitamin A dan D.
  2. Gangguan syaraf. Gangguan pada syaraf dan otot, kemandulan pada pria dan wanita disebakan karena kekurangan vitamin E
  3. Tubuh mudah nyeri. Masalah infeksi pada luka, gusi yang berdarah, rasa nyeri pada persendian bisa menjadi penyebab tubuh kekurangan vitamin C.

    CaraTubuhBerkomunikasi-3
  1. Kepala mudah berkeringat. Munculnya keringat di kepala bisa menjadi gejala tubuh kekurangan vitamin. Dr. Michael Holick, salah satu peneliti vitamin D di Mercola Foundation, menjelaskan bahwa seringnya muncul keringat disebabkan tubuh yang kekurangan vitamin D. 

Masalah kekurangan gizi pada orang dewasa tak hanya berisiko timbulnya berbagai penyakit, tapi juga mempengaruhi produktivitas kerja. Lalu bagaimana mencegah atau mengatasi kekurangan vitamin? Konsumsi multivitamin, bila perlu.

Memilih suplemen multivitamin yang tepat juga tidak kalah penting. Pilihlah suplemen yang lengkap dan tepat kandungan vitaminnya, seperti Renovit multivitamindengan kandungan paling lengkap, 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari – hari. 

Minum satu kaplet Renovit multivitamin setiap hari sebagai polis asuransi nutrisi yang tentu jauh lebih murah.

Share Artikel ini :