...
Tips Semangat Olahraga Saat Puasa, Tubuh Tetap Sehat dan Bugar!

Image_newsletter_May_20

 

 

Puasa bukan halangan untuk Anda tetap semangat berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar. Kadang berolahraga saat menjalani ibadah puasa memang banyak sekali tantangan termasuk rasa malas dan khawatir kelelahan yang berakibat mengganggu puasa. Sejatinya, olahraga justru akan membuat badan lebih segar sehingga berpengaruh ke aktivitas-aktivitas lainnya. Hanya saja, olahraga saat berpuasa tentu berbeda dibanding hari-hari biasanya.

 

  1. Tentukan waktu dan tempat berolahraga yang tepat

 

Hal yang harus diperhatikan adalah memilih waktu dan tempat olahraga yang tepat. Saat puasa, Anda bisa memilih waktu setelah makan sahur atau beberapa menit setelah berbuka puasa. Pada periode itu, tubuh sedang tidak terlalu lemas tetapi lebih dari itu waktu yang tepat itu disesuaikan saat kondisi tubuh Anda benar-benar siap.

 

Pemilihan tempat pun jadi salah satu pertimbangan utama. Jangan berolahraga ketika siang hari dan di luar ruangan. Paparan sinar matahari yang panas akan membuat Anda cepat lemas sehingga tubuh akan dehidrasi.

 

  1. Pilihlah jenis olahraga yang sesuai kondisi tubuh

 

Hindari melakukan olahraga secara mendadak dan berubah tiba-tiba saat berpuasa. Pilihlah olahraga yang ringan secara bertahap dengan durasi yang tidak terlalu lama. Hal ini dikarenakan saat berpuasa tubuh mengalami perubahan metabolisme. Itulah mengapa Anda harus sesuaikan porsi olahraga. Pastikan pola olahraga yang tepat dan sering dipraktekan sebelumnya. Anda bisa memilih pola olahraga yang tepat, misalnya 2 atau 3 kali dalam sepekan.

 

  1. Pilihlah menu asupan makanan yang sehat untuk berbuka

 

Penting untuk memastikan konsumsi makanan yang bernutrisi tepat dan seimbang. Mengonsumsi makanan dengan porsi karbohidrat, protein, lemak dan serat yang sesuai akan membuat tubuh sehat dan tetap bugar. Selain karbohidrat, perhatikan juga asupan protein. Makan makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan, daging dan telur. Protein membantu memulihkan dan memperbaiki sel-sel otot yang rusak ketika berolahraga.

 

  1. Perbanyak minum saat sahur dan berbuka puasa

 

Salah satu akibat dari berolahraga adalah dehidrasi apalagi saat cuaca panas. Untuk meminimalisir hal ini terjadi, maka Anda perlu perhatikan cairan di dalam tubuh. Cukupi kebutuhan cairan perhari dengan minum minimal 1,5-2 liter perhari di bulan puasa.

 

Di samping memperhatikan hal-hal tersebut di atas, cukupi asupan multivitamin perhari Anda saat akan sahur atau berbuka. Salah satunya caranya dengan konsumsi 1 kaplet Renovit Multivitamin setiap harinya yang akan menjaga tubuh tetap bugar. Di dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin telah terkandung 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari-hari. Renovit Multivitamin, Lebih Lengkap Lebih Sehat.

 

Share Artikel ini :