...
Ternyata Mandi Hujan Miliki Manfaat Yang Jarang Diketahui Lho!

MandiHujan-1






















Musim hujan telah tiba, saatnya untuk bermain sambil mandi hujan. Ya, mandi hujan adalah salah satu aktivitas yang paling menyenangkan dan ditunggu-tunggu, apalagi sewaktu masih kanak-kanak. Namun, mandi hujan juga dipercaya dapat menyebabkan sakit kepala, demam dan juga masuk angin. Jadi tidaklah heran, jika banyak orangtua yang masih melarang anaknya untuk mandi hujan.

Padahal jika dibandingkan dengan air kran ataupun air ledeng yang seringkali digunakan untuk keperluan sehari-hari, air hujan masih jauh lebih baik. Hal ini dikarenakan air hujan adalah air paling murni, di mana proses pembentukannya sendiri tercipta secara alami. Air hujan sendiri berasal dari air yang diserap oleh awan, kemudian dibawa oleh angin dan terjadilah hujan. Nah, selain air hujan yang memiliki kandungan sangat baik bagi kesehatan, ternyata mandi hujan juga memiliki banyak manfaatnya lainnya lho. Apa saja ya? Berikut ulasan selengkapnya.

1. DAPAT MENENANGKAN PIKIRAN

MandiHujan-2


















Banyak orang mempercayai bahwa suara hujan turun menjadi salah satu hal yang dapat memberikan rasa tenang dan damai bagi jiwa dan pikiran. Saat hujan, udara di sekitarnya pun berubah menjadi lebih bersih, sehingga terasa lebih segar ketika dihirup. Curah hujan membuat racun-racun di udara bergeser dan menghilang bersamaan dengan debu dan polutan lainnya.

Ternyata mandi air hujan pun juga bisa menjadi salah satu terapi pengobatan kejiwaan yang sangat baik untuk menenangkan pikiran. Saat kepala dan tubuh terkena tetesan air hujan, maka sel-sel saraf di bawah jaringan kulit akan menjadi aktif. Hal ini disebabkan karena air hujan banyak mengandung H2O2 (Hidrogen Peroksida), yang bisa dijadikan holistic healing atau terapi penyembuhan.

Mandi hujan, juga akan membuat tubuh banyak memperoleh unsur nitrogen yang mendorong sintesis protein dan penciptaan senyawa serta asam amino yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tubuh, hormon, fungsi otak dan juga kekebalan tubuh. Jadi jika Anda saat ini tengah mengalami beban yang sangat berat, cobalah Anda mandi hujan saat hujan turun, dan rasakan sensasi percikan air hujan yang jatuh di kulit sambil berdoa untuk memohon ketenangan hati serta kesegaran jiwa dan raga.

2. MEMBAKAR LEBIH BANYAK KALORI

MandiHujan-3


















Dalam jurnal “International Journal of Sports Medicine” yang dipublikasikan oleh pakar kesehatan dari Jepang, terdapat sebuah kesimpulan berdasarkan penelitian yang dilakukan, bahwa orang yang berlari sambil hujan-hujanan ternyata merasa lebih bugar dan justru mampu membakar kalori lebih banyak, jika dibandingkan saat berolahraga dalam kondisi normal ditengah cuaca yang baik.

Hanya saja, berolahraga di tengah hujan juga memiliki risiko yang cukup tinggi. Kondisi jalan yang licin, dapat menyebabkan cidera jika tidak berhati-hati. Jika hujan sudah sangat deras, disertai angin kencang dan juga petir, lebih baik Anda tidak melanjutkan olahraga. Jangan lupa untuk mandi dengan air hangat seusai berolahraga disaat hujan, agar peredaran darah menjadi lancar kembali.

3. BAIK BAGI KESEHATAN RAMBUT DAN KULIT

MandiHujan-4


















Karena air hujan mengandung pH basa alami, bebas garam dan bebas mineral yang buruk bagi rambut, maka mandi hujan justru sangat baik untuk kesehatan rambut dan juga kulit. Saat mandi hujan, kotoran pada kulit dan rambut akan lebih mudah hilang, tanpa perlu menggunakan sabun ataupun sampo. Namun Anda harus menghindari air hujan saat pertama kali turun, karena umumnya air hujan pertama banyak mengandung asam dan polutan yang berbahaya dan justru dapat merusak rambut. Air hujan yang memiliki kandungan asam yang tinggi dapat membuat rambut menjadi mudah rontok, kering dan bercabang.

Saat air hujan mengenai kulit tubuh, dipercaya dapat memberi efek relaksasi pada tubuh. Percikan air hujan di kulit konon dapat membantu memperbaiki saraf-saraf dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh meningkat, dan tubuh dapat terhindar dari serangan penyakit. Tingkat kelembaban yang sangat tinggi pada saat hujan, juga sangat baik untuk kulit. Karena ketika tingkat kelembaban tinggi, virus tertentu yang ada di udara juga tidak akan mengancam.

Walaupun mandi hujan memiliki banyak manfaat, namun ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian. Mandi hujan sebaiknya hanya dilakukan selama 10 hingga 15 menit saja, dan tidak lebih dari itu. Selain itu, mandi hujan jangan dilakukan di bawah talang rumah.

Agar Anda dapat lebih puas bermain mandi hujan, ada baiknya Anda melindungi diri Anda dengan mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup, agar daya tahan tubuh dapat terjaga. Untuk itu, konsumsi 1 kaplet Renovit Multivitamin setiap hari, agar tubuh Anda tercukupi kebutuhan akan vitamin dan mineralnya. Karena di dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin telah terkandung 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari-hari. Jadi, sekarang siapa takut buat main hujan-hujanan…

Share Artikel ini :