...
Selain Virus Corona, Ini Daftar Penyakit yang Ditularkan dari Hewan!

Anda mungkin sudah mengetahui virus corona yang diduga disebarkan oleh kelelawar dan trenggiling? Virus yang sedang mewabah ini jadi salah satu virus mematikan yang ditularkan oleh hewan. Tapi bukan virus corona saja, jauh sebelum virus corona merebak, ada beberapa virus yang juga ditularkan oleh hewan. Berikut ini virus-virus tersebut.

1. Virus Mers dari Unta

Renovit_Web_2

Pada 2012 virus Middle East Respiratory Syndrome (MERS) menarik perhatian dunia. Penderita yang diakibatkan virus ini hingga menyebar ke 24 negara termasuk timur tengah. Virus mematikan ini berasal dari Unta. Gejala awalnya pun sama seperti virus corona, di mana ditandai dengan gejala sindrom pernafasan, demam, batuk-batuk dan sesak nafas. Bisa juga mengalami diare, muntah-muntah hingga pneumonia dan gagal ginjal.

2. Flu Burung

Renovit_Web_4

Flu burung adalah penyakit yang cukup fenomenal di awal era 2000-an karena memakan banyak korban jiwa. Menurut data dari WHO lebih dari 300 orang telah meninggal dunia akibat flu burung sejak 2003. Penyakit ini berasal dari virus H5N1 atau influenza yang menyerang hewan unggas. Pola sebarannya hanya dengan menyentuh langsung hewan unggas yang terinfeksi hingga menyantap makanan dan daging yang tidak matang. Gejalanya diawali muntah, sakit perut, diare, gusi berdarah, mimisan hingga nyeri di dada. Di mana jika tidak tertangani dengan baik, berpotensi sebabkan komplikasi seperti infeksi paru-paru, acute respiratory distress syndrome, dan gagal ginjal serta jantung.

3. Sifilis dari Sapi

Renovit_Web_3

Siapa sangka penyakit kelamin menular ini ternyata disebabkan oleh sapi? Sifilis terjadi akibat terinfeksi bakteri Treponema pallidum. Bila terkena infeksi sifilis pun terbagi dalam tiga fase yang ditandai berbagai gejala seperti luka di daerah infeksi, bentol-bentol, demam hingga terganggunya berbagai organ tubuh, seperti jantung hingga otak.

Walaupun sudah lama terjadi dan hingga saat ini jarang lagi ditemui, tetapi ada baiknya Anda mencegah terjadinya penyakit tersebut. Bukan berarti harus menghindari hewan penyebab virus tersebut, tetapi dengan mulai menjaga pola hidup sehat dan kebersihan tubuh adalah cara efektif mencegah berbagai virus masuk ke dalam tubuh. Selain itu, mengonsumsi multivitamin dan mineral juga jadi cara tepat untuk menjaga daya tahan tubuh Anda agar mampu melawan berbagai virus penyebab penyakit. Vitamin dan Mineral sangat penting dalam menjalankan berbagai fungsi tubuh, salah satu nya menjaga daya tahan atau imunitas.

Renovit Multivitamin merupakan multivitamin yang lengkap dan aman. Di dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin terkandung 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari-hari. Renovit Multivitamin, Lebih Lengkap Lebih Sehat.

Share Artikel ini :