...
Rutinitas yang padat bikin hidup jadi gak sehat, ini tipsnya supaya tetap sehat!

RUTINITAS-1























Bagi masyarakat perkotaan, rutinitas yang padat sudah menjadi “makanan” sehari-hari. Rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktunya diluar rumah setiap hari sebanyak 14 jam. Hal ini tentu saja tidak mengherankan. Jika dihitung, anda bekerja dikantor paling tidak 8 hingga 10 jam. Belum lagi perjalanan anda menuju dan pulang dari kantor, yang mengharuskan anda melewati beragam kemacetan, paling tidak membutuhkan waktu kurang lebih 2 hingga 4 jam. Dan biasanya, rutinitas yang padat ini membuat pola hidup anda menjadi tidak sehat. Selain tidak banyak melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan tidak sehat, menjadi pilihan yang tidak dapat terhindarkan. Dan bagaimanakah caranya agar tubuh anda tetap sehat ditengah rutinitas anda yang padat? Berikut ini tips untuk anda.

OLAHRAGA TERATUR BISA BUAT BADAN JADI LEBIH SEHAT

RUTINITAS-2

Ditengah rutinitas yang padat, menjaga kebugaran tubuh dengan olahraga sangatlah penting. Untungnya di jaman yang modern ini, tak sedikit kantor yang menyediakan fasilitas olahraga yang dapat digunakan para karyawannya untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun jika anda tidak ingin melakukan fitness ataupun angkat beban di gym, anda cukup berolahraga sederhana, seperti jogging di pagi hari, selama 30 hingga 45 menit. Jika dilakukan secara rutin, otomatis kesehatan lebih terjaga, bahkan tak mungkin timbunan lemak dan kalori di dalam tubuh akan terkikis.

Jenis olahraga lain yang juga dapat anda lakukan tanpa membutuhkan waktu yang lama adalah olahraga plank. Anda hanya perlu meluruskan tubuh dalam posisi tengkurap (seperti posisi push up) dan tahan tubuh dengan jari kaki dan juga lengan dalam kurun waktu yang ditentukan. Dengan melakukan plank secara rutin selama 20 detik atau sampai 5 menit setiap hari, tubuh anda akan terasa lebih bugar.

Sedangkan jika anda ingin olah tubuh sambil mempelajari beladiri, anda dapat mencoba olahraga muay thai. Olahraga yang menggabungkan teknik bela diri dan latihan otot ini banyak diminati oleh kaum wanita, karena manfaatnya yang besar untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan karena gerakan muay thai membuat seluruh bagian tubuh ikut bergerak, mulai dari kaki, tangan, lutut, hingga sikut. Variasi gerakan muay thai sendiri akan membakar kalori, menjaga kesehatan kardiovaskular sekaligus membentuk otot, sehingga tubuh terlihat lebih ramping dan bugar.

POLA MAKAN HARUS TERATUR

Saat sibuk bekerja, tak jarang anda melewati sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam demi mengejar deadline pekerjaan. Tak hanya itu, dengan alasan keterbatasan waktu jua, makanan cepat saji menjadi pilihan untuk menu sarapan, makan siang ataupun makan malam anda. Dan tentu saja hal tersebut sangatlah mengganggu kesehatan anda. Menjaga pola makan teratur dengan tidak melewatkan jam makan adalah salah satu cara agar kesehatan anda tetap terjaga. Dan agar tidak mengonsumsi makanan tak sehat,  ada baiknya anda membawa bekal dari rumah, dengan menu makanan yang bergizi dan bernutrisi.

RUTIN MINUM AIR PUTIH SECUKUPNYA

RUTINITAS-5

Salah satu aspek terpenting dari menjaga kebugaran tubuh ditengah aktivitas yang padat adalah minum air putih secukupnya. Seperti yang diketahui, air merupakan elemen penting ditubuh. Setiap harinya tubuh memerlukan cairan yang harus dicukupi, agar anda dapat beraktivitas dengan normal. Untuk pria dan wanita dewasa, idealnya harus mengonsumsi air putih setidaknya 10 hingga 15 gelas dalam sehari. Tak hanya itu, air putih juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan pencernaan. Dengan minum air putih sebanyak satu hingga dua gelas setelah bangun pagi, maka sistem pencernaan akan bekerja dengan baik sepanjang hari. Agar tak lupa mengonsumsi air putih saat berada dikantor, ada baiknya anda membawa botol minum besar yang dapat diisi ulang setiap hari dan disimpan di atas meja kerja anda.

KONSUMSI MULTIVITAMIN UNTUK MENJAGA TUBUH TETAP OPTIMAL

Tak hanya cukup dengan pola makan yang sehat dan teratur, serta memperbanyak konsumsi air putih, anda juga perlu mengonsumsi multivitamin tambahan untuk menjaga tubuh tetap optimal. Dengan mengonsumsi Renovit Multivitamin dan mineral setiap hari, anda dapat menjaga daya tahan tubuh lebih prima. Seperti yang diketahui, dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin dan mineral, terdapat 12 vitamin dan 13 mineral yang akan bekerja untuk membantu pembentukan energi, membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, bahkan memelihara fungsi memori, daya ingat dan banyak manfaat lainnya.

KONSUMSI BUAH DAN SAYURAN

RUTINITAS-4

Tips lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh ditengah rutinitas yang padat adalah dengan tetap mengonsumsi beragam buah dan sayuran. Seperti yang diketahui, buah dan sayuran banyak mengandung nutrisi yang sangat diperlukan oleh tubuh. Namun jika anda tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengupas buah ataupun memasak sayuran, anda dapat menjadikan buah dan sayuran dalam bentuk jus, dan diisi kedalam botol minum, sehingga lebih mudah untuk dibawa. Dengan begitu, anda dapat menikmati jus buah dan sayuran dimana saja dan kapan saja. Anda pun dapat menjadikan buah sebagai cemilan sehat disela-sela waktu kerja anda.

MENDENGARKAN MUSIK JADI OBAT PENGHILANG STRESS

RUTINITAS-3

Banyaknya tekanan dari pekerjaan tak jarang menjadi salah satu penyebab stress. Untuk itu, anda perlu mengistirahatkan mental dan fisik anda dari segala macam rutinitas dan stress akibat pekerjaan dengan mendengarkan lagu favorit anda. Para ilmuwan dari University of Missouri sepakat bahwa mendengarkan musik dapat memperbaiki suasana hati. Penelitian yang dipublikasikan dalam The Journal of Positive Psychology ini, mengungkapkan bahwa perbaikan mood dan penurunan tingkat stress akan terlihat setelah 2 minggu rutin mendengarkan musik. Hal ini terjadi, karena setelah anda mendengarkan musik, tubuh akan merespon sinyal suara dengan melepaskan hormon dopamin yang akan membuat anda bahagia.

TIDUR YANG CUKUP YAITU 6-8 JAM PER HARI

Dan tips terakhir untuk menjaga kesehatan tubuh adalah tidur yang cukup. Pastikan setiap hari anda tidur selama 6 hingga 8 jam. Karena seperti yang diketahui, kurang tidur dapat memperparah risiko tekanan darah tinggi, peradangan didalam tubuh, diabetes, depresi, penyakit jantung , kurang optimalnya kinerja otak, hingga obesitas. Agar terhindar dari penyakit tersebut, para ahli kesehatan merekomendasikan untuk melakukan kegiatan relaksasi sebelum tidur, seperti berendam di air hangat, mengurangi kopi dan alcohol, serta membuat kasur dan bantal senyaman mungkin, agar tidur anda menjadi lebih berkualitas. 

Share Artikel ini :