...
Ragu Memulai Olahraga Rutin? Ini Panduannya!

Olahraga-1

Ingin merasa lebih sehat, berenergi dan bahkan berumur lebih panjang? Jawabannya sederhana, olahraga. Dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat mengelola bahkan mencegah berbagai masalah kesehatan baik fisik maupun mental seperti penyakit stroke, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, kekhawatiran berlebihan, depresi, dan sejumlah jenis kanker. Bonusnya lagi, masalah berat badan pun teratasi.

Meski memahami manfaat olahraga, ada saja alasan yang membuat Anda gagal memulai olahraga. Nah! buat Anda yang bingung untuk mulai aktif bergerak dan berolahraga, ikuti panduan berikut ini.

Bangun Motivasi

Awalnya tetapkan tujuan Anda berolahraga sehingga bisa menjadi motivasi Anda. Tentunya tujuan setiap orang berbeda-beda. Penelitian menunjukkan bahwa motivasi olahraga yang digabung dengan rencana aktivitas nyata akan lebih berhasil untuk diwujudkan.

Contohnya, Anda bisa merencanakan aktivitas selama 4 minggu ke depan. Mulai dari kegiatan fisik apa yang akan Anda lakukan, berapa lama Anda akan melakukannya, dan hasil seperti apa yang ingin Anda capai.

Setelah mulai olahraga, jangan mencari alasan untuk istirahat dulu beberapa hari, yang kemudian bisa memanjang hingga beberapa bulan. Fokus pada komitmen untuk menjadikan olahraga sebagai sebuah kebiasaan.

Lakukan olahraga secara bertahap

Olahraga-2

Mulailah dengan memasukkan lebih banyak aktivitas fisik ke dalam kehidupan sehari-hari Anda, misalnya memilih naik tangga dibandingkan dengan menggunakan lift, berjalan sedikit ke kantor dengan cara mermarkir kendaraan jauh dari kantor. Perubahan kecil dalam rutinitas sehari-hari seperti itu, secara perlahan dapat mengaktifkan kembali tubuh Anda.

American Heart Association (AHA) menyarankan untuk melakukan olahraga ringan selama 150 menit per minggunya, atau lakukan olahraga selama 30 menit saja setiap hari. Bisa dilakukan dengan bersepeda atau berjalan santai keliling lingkungan rumah.

Sedangkan untuk olahraga yang berat, cukup lakukan selama kurun waktu 25 menit saja per harinya. Pilihan olahraganya antara lain, angkat beban, muaythai, atau bahkan bermain sepak bola atau futsal.

Olahraga itu Menyenangkan!

Olahraga-3

Kalau Anda tidak menikmati kegiatan olahraga, Anda akan sulit berolahraga secara rutin. Jadi pilih olahraga yang menyenangkan bagi Anda. Apabila Anda menyukai musik, olahraga Zumba, aerobik, capoeira bisa menjadi pilihan. Dengan memilih olaharaga yang disukai, Anda pun rela rutin melakukannya.

Akan lebih menyenangkan lagi, jika Anda berolahraga dengan kondisi tubuh yang fit/tidak lemas. Tubuh yang mudah lelah dan mood buruk tentu dapat mengurungkan niat Anda untuk berolahraga. Hati-hati jangan dianggap sepele kondisi tersebut, bisa jadi tubuh Anda mengalami kekurangan vitamin dan mineral.

Cegah kondisi tersebut dengan mengkonsumsi 1 kaplet Renovit setiap hari. Renovit adalah multivitamin dengan kandungan paling lengkap, dengan 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari – hari. Sehingga Anda dapat menjaga tubuh tetap fit, bersemangat serta siap mulai berolahraga!

Share Artikel ini :