...
Ketahui Jenis-jenis Olahraga Terbaik yang Sesuai dengan Usia.

Penelitian sudah banyak membuktikan bahwa olahraga memiliki manfaat bagi kebugaran dan kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan karena seiring bertambahnya usia, jenis olahraga dan frekuensi latihan pun perlu disesuaikan. Saat usia Anda mulai bertambah, kebutuhan, kekuatan dan ketahanan tubuh terhadap aktivitas olahraga pun berbeda-beda. Jangan sampai karena salah pilih olahraga malah membuat Anda cedera dan akhirnya tidak mendapatkan manfaatnya yang maksimal. Berikut ini jenis olahraga terbaik yang sesuai dengan usia Anda.

1. Jenis olahraga untuk usia remaja

Newsletter_Renovit_Jun19_5

Usia remaja adalah periode di mana kondisi fisik sedang berada pada puncaknya. Jadi, ini adalah periode terbaik membangun kebiasaan olahraga dengan segala tantangannya. Kombinasikan latihan aerobik dan kekuatan. Selain itu, karena massa tulang sedang dalam puncaknya pula, cobalah untuk latihan angkat beban, tenis, hingga mendaki setidaknya 2 kali dalam seminggu. Tidak hanya itu, disarankan pula untuk banyak mencoba jenis olahraga dan teratur agar membangun massa otot tanpa lemak dan kepadatan tulang yang mampu membantu tubuh tetap bugar di usia berikutnya.

2. Jenis olahraga untuk usia 20 - 29 tahun

Newsletter_Renovit_Jun19_6

Periode ini biasanya sedang ada dalam masa-masa awal kedewasaan. Hambatan di periode ini lebih banyak karena faktor waktu dan aktivitas yang padat. Faktor ini yang jadi tantangan untuk dihadapi. Untuk itu, di periode ini Anda harus pintar memilih jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah agar kebugaran dan kekuatan kardiovaskular tetap terjaga dan memperlambat penurunan fisik. Hindari duduk terlalu lama dan banyak bergerak. Periode ini disarankan untuk latihan interval dengan intensitas tinggi hingga mencapai 80 persen dari detak jantung maksimum. Bisa pula dengan berlari dan bersepeda dengan intensitas ringan selama 20 menit setiap hari.

3. Jenis olahraga untuk usia 30 - 49 tahun

Newsletter_Renovit_Jun19_7

Di periode ini, hambatan untuk berolahraga semakin tinggi karena merupakan masa-masa pencapaian dalam kehidupan seseorang. Tuntutan mencapai posisi dalam pekerjaan ditambah hubungan personal dengan orang-orang dalam hidup Anda membuat waktu olahraga semakin banyak berkurang. Untuk itu, gunakanlah waktu bertemu dengan rekan Anda sembari berolahraga. Periode ini pula kebanyakan sudah mengalami kenaikan berat badan yang signifikan. Untuk itu, cara terbaik untuk optimalkan pembakaran kalori adalah dengan latihan ketahanan. Program latihan yang bisa dipilih mulai dari angkat beban dan berlari yang intensif. Pilates juga bermanfaat menjaga kekuatan dan melindungi tubuh dari sakit punggung.

4. Jenis olahraga untuk usia 50+

Newsletter_Renovit_Jun19_8

Saat memasuki usia 50 tahun, olahraga jadi hal yang paling esensial. Rutin berolahraga jadi modal Anda tetap bugar di usia senja. Di periode ini mulai muncul penyakit-penyakit apalagi yang berkaitan dengan kardiovaskular. Untuk wanita, estrogen menurun pascamenopause dan resiko jantung meningkat. Untuk itu disarankan untuk latihan otot dua kali seminggu agar massa otot tetap dipertahankan. Latihan menahan beban seperti berjalan cepat pun bisa dilakukan, atau untuk menjaga keseimbangan dan relaksasi olahraga Taichi juga bisa jadi pilihan.


Penting untuk menyadari kemampuan dalam diri seiring dengan bertambahnya usia. Tidak hanya lewat olahraga, asupan makanan yang sehat dan multivitamin pun jadi sebuah pilihan yang bijak. Apalagi Renovit Multivitamin pun memiliki produk yang juga bisa disesuaikan pula dengan kebutuhan usia Anda.

Apabila masih di bawah usia 50+, Renovit Multivitamin reguler adalah pilihan tepat berkat kandungan 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari-hari. Sedangkan untuk usia 50+ bisa mengonsumsi Renovit Gold Multivitamin di mana selain mengandung 12 vitamin dan 13 mineral, juga terdapat zat aktif tambahan yang membantu mengatasi gangguan kesehatan di usia lanjut mulai dari memelihara fungsi penglihatan, memori dan mencegah obesitas. Renovit Multivitamin, Lebih Lengkap Lebih Sehat.

Share Artikel ini :