...
Kehilangan Nafsu Makan? Hati-Hati, Itu Tanda-Tanda Anda Mengalami :

KehilanganNafsu-1

Nafsu makan merupakan suatu sistem pengaturan internal yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan energi dan gizi di dalam tubuh. Biasanya nafsu makan bertambah ketika seseorang mengonsumsi makanan favoritnya. Namun terkadang juga, nafsu makan hilang, walaupun di depan mata terhidang makanan favorit. Nah, jika Anda tengah mengalami kehilangan nafsu makan dan telah berlangsung lama, ada baiknya Anda waspada.

Karena kehilangan nafsu makan terus menerus akan membuat tubuh mengalami yang namanya malnutrisi atau kurangnya nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan hal ini menjadi sangat serius serta berbahaya bagi kesehatan, karena tubuh kekurangan nutrisi penting untuk mengontrol gula darah. Akibatnya pun bisa sangat fatal, karena dapat berujung kematian. Kehilangan nafsu makan sendiri dapat menjadi pertanda bahwa Anda tengah mengalami beragam gangguan kesehatan, diantaranya :

STRESS

Jika Anda merasa kehilangan nafsu makan secara tiba-tiba, bisa jadi Anda telah mengalami stress. Setiap individu memiliki cara tersendiri untuk merespon stress yang dialaminya. Ada individu yang mengalami stress justru makan lebih banyak, dan ada juga individu yang justru kehilangan nafsu makan, pada saat stress.

Stress sendiri adalah suatu keadaan mental seseorang yang dapat mengakibatkan ketegangan pada urat syaraf. Nafsu makan akan berubah ketika emosi dalam keadaan tidak stabil. Stress akan menekan nafsu makan karena hipotalamus melepas hormon corticotrophin yang menekan nafsu makan, dan kemudian otak mengirim pesan ke kelenjar adrenal untuk memompa hormon epinefrin yang mampu melawan rasa lapar, dengan membuat nafsu makan hilang.

KehilanganNafsu-2

The Harvard Mental Health Letter menyarankan, jika Anda mengalami stress dan membuat Anda kehilangan nafsu makan, cobalah untuk melakukan meditasi, berolahraga, ataupun bercengkrama bersama keluarga serta sahabat dekat, untuk mendapatkan dukungan agar terlepas dari rasa cemas dan juga stress.

GANGGUAN METABOLIK

Gangguan metabolik merupakan akibat dari ketidakmampuan tubuh untuk memecah sumber makanan menjadi energi yang diperlukan tubuh. Gangguan metabolik sendiri bersifat genetik, artinya kelainan genetik yang diturunkan dari orangtua. Kelainan genetik ini umumnya menyebabkan hilangnya atau terjadinya kelainan fungsi enzim yang penting, yang kemudian dapat menganggu berlangsungnya proses metabolisme tubuh. Akibatnya, berbagai zat racun dalam tubuh menumpuk dalam aliran darah karena gagal dibuang.

Gejala yang dirasakan oleh penderita gangguan metabolik tergantung dari jenis kelainan metabolisme yang diderita. Namun pada umumnya gejala yang ditimbulkan akibat gangguan metabolik diantaranya adalah nyeri dibagian perut, lemas, dan juga berkurangnya nafsu makan yang kemudian berakibat penurunan berat badan.

Tak hanya gangguan metabolik, kehilangan nafsu makan bisa juga menjadi pertanda jika tubuh Anda tengah mengidap penyakit berbahaya, seperti: gagal ginjal kronis, hepatitis, penyakit hati kronis, demensia, gagal jantung, HIV, dan juga hipotiroidisme.

EFEK KONSUMSI OBAT TERTENTU

Kehilangan nafsu makan bisa jadi merupakan efek dari mengonsumsi obat-obatan tertentu. Biasanya Anda juga akan merasa lelah yang diikuti rasa mual, setelah mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya obat kanker. Selain obat kanker, mengonsumsi obat seperti kokain, morfin, antibiotik, amfetamin, methamphetamin, dekongestan, juga memiliki efek samping, kehilangan nafsu makan. Bahkan mengonsumsi obat diet atau obat pelangsing juga dapat membuat seseorang kehilangan nafsu makan.

KURANG VITAMIN

Kehilangan nafsu makan juga dapat disebabkan karena kurangnya asupan vitamin dan mineral seperti zat besi atau vitamin B12. Jika hilangnya nafsu makan ini dibiarkan lebih lama, tentu saja tubuh akan mengalami kekurangan vitamin dan mineral akut yang akibatnya sangat membahayakan bagi kesehatan. Untuk itu, Anda perlu untuk mengembalikan nafsu makan Anda, agar tubuh kembali mendapatkan asupan vitamin dan mineral. Untuk mengembalikan nafsu makan Anda, cobalah untuk makan makanan favorit Anda, sehingga nafsu makan Anda dapat kembali.

Tak hanya itu, para ahli juga menyarankan untuk mengembalikan nafsu makan dengan mengonsumsi multivitamin, yang diketahui dapat merangsang nafsu makan, seperti zink, vitamin B, vitamin E dan koenzim A. Dan Renovit Multivitamin merupakan salah satu multivitamin yang baik untuk tubuh, karena dalam setiap 1 kaplet Renovit terkandung 12 vitamin dan 13 mineral, yang salah satu fungsinya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh, serta mempercepat proses penyembuhan dari sakit.

Sumber :

https://www.merdeka.com/sehat/10-alasan-yang-bikin-nafsu-makan-menghilang-apa-saja.html

https://health.detik.com/hidup-sehat-detikhealth/1699497/yang-bikin-nafsu-makan-hilang

Share Artikel ini :