...
Kebiasaan-kebiasaan yang Bikin Kamu Gampang Lelah

GampangLelah-1

Rutininas yang padat seringkali membuat tubuh menjadi gampang lelah. Pekerjaan yang menumpuk, tanpa istirahat yang cukup, membuat tubuh juga lebih mudah terserang beragam penyakit, mulai dari anemia, tiroid, bahkan diabetes. Namun, pernahkah Anda merasa tetap lelah sepanjang waktu walaupun sudah cukup istirahat bahkan sedang tidak mengerjakan apapun? Nah, mungkin kebiasaan-kebiasaan ini yang bikin tubuh Anda gampang lelah walau rutinitas tidak padat.

Melewatkan Sarapan Pagi

Sarapan pagi merupakan waktu makan yang paling penting, namun seringkali dilewatkan. Padatnya aktivitas dan tidak adanya waktu, menjadi salah satu alasan seringnya melewatkan waktu sarapan pagi. Padahal makanan merupakan sumber energi utama bagi tubuh loh.. Dan sarapan akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, seperti memberikan energi bagi tubuh untuk melakukan aktivitas berat, meningkatkan konsentrasi, bahkan membantu mengontrol berat badan. Maka tidak heran, jika Anda sering melewatkan sarapan pagi, tubuh pun akan jadi gampang lelah. 

Menurut American Dietetic Association, orang yang sarapan mempunyai tingkat konsentrasi lebih baik, dan koordinasi mata tangan yang lebih baik dibandingkan dengan orang yang tidak sarapan. Sarapan dengan makanan yang sehat dapat menurunkan rasa lapar sepanjang hari dan membuat seseorang memilih makanan yang sehat saat makan selanjutnya. Untuk sarapan pagi, lebih baik Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan protein, karena protein akan menjaga rasa kenyang hingga waktu makan siang. Tubuh pun tidak cepat merasa lelah dan otot menjadi lebih kuat.

Terlalu Banyak Minum Kopi

GampangLelah-2

Kopi biasanya menjadi salah satu minuman favorit dikala padatnya rutinitas. Karena seperti yang diketahui, kopi banyak mengandung kafein yang dipercaya dapat meningkatkan kinerja hormon adrenal sehingga membuat seseorang menjadi tidak mudah mengantuk. Namun berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir dari idiva.com, terlalu banyak minum kopi justru dapat membuat tubuh manusia menjadi lebih mudah lelah dan mengantuk.

Ternyata terlalu banyak minum kopi justru membuat tubuh menjadi ketergantungan. Tubuh akan cenderung meningkatkan dosis konsumsinya, ketika dosis yang biasa sudah tidak mempan lagi. Akibatnya, tubuh pun akan mudah lelah tanpa alasan yang jelas. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh fakta bahwa kafein bersifat diuretik, sehingga ketika tubuh mengonsumsi kafein dalam porsi berlebih cenderung menyebabkan dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat memicu detak jantung yang lebih cepat dan tekanan darah tinggi, yang akhirnya dapat menimbulkan rasa lelah akibat tubuh bekerja terlalu keras.

Dikutip dari Men’s Fitness, penelitian yagn dilakukan oleh Patrick J O’Connor dari University of Georgia, menemukan bahwa dibandingkan mengonsumsi kopi atau minuman energi, untuk mengembalikan energi tubuh saat tubuh Anda kelelahan, Anda lebih dianjurkan untuk melakukan naik turun tangga selama 10 menit. Jadi, ada baiknya bagi anda pecinta kopi, untuk mulai mengonsumsi kopi dalam jumlah wajar setiap harinya. Dan jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubuh dengan mengonsumsi air sebanyak 2,5 liter atau 8 gelas per hari, agar tubuh tidak mudah merasa lelah.

Makan Junk Food

Junk food kerap menjadi kudapan cepat saat ditengah padatnya rutinitas ataupun dikala senggang. Nah ternyata, kebiasaan mengonsumsi junk food, justru yang membuat tubuh Anda menjadi cepat lelah. Padahal pada saat tubuh banyak melakukan aktivitas, mengonsumsi makanan bergizi seimbang justru menjadi pilihan yang lebih baik. Karena dengan mengonsumsi makanan bergizi akan meningkatkan energi didalam tubuh. Namun jika mengonsumsi junk food, tubuh akan kurang mendapatkan nutrisi penting seperti vitamin, protein, dan karbohidrat. Dan hal ini tentu saja akan membuat tubuh gampang merasa lelah.

Bahkan para ilmuwan di Amerika Serikat percaya, bahwa ada kaitannya antara tingkat kelelahan tubuh, dengan pola makan yang buruk. Karena seperti yang diketahui, junk food tidak memiliki kandungan serat dan energi yang cukup.  Junk food lebih banyak mengandung lemak dan kalori tinggi yang justru dapat menyebabkan berat badan meningkat, bahkan dapat menimbulkan beragam masalah kesehatan lainnya.

Terlalu Lama Menatap Gadget atau Layar Komputer

Satu lagi kebiasaan buruk yang justru membuat tubuh Anda menjadi gampang lelah, adalah terlalu lama menatap gadget ataupun layar komputer. Karena kebiasaan ini justru sering dilakukan pada saat tubuh Anda merasa lelah. Bukannya beristirahat, Anda justru mengambil gadget ataupun membuka komputer walaupun hanya sekedar untuk menonton film, atau membuka media sosial. Namun kebiasaan ini justru akan membuat tubuh Anda merasa lelah. Sebab, ketika Anda terlalu asyik mengutak atik gadget dan berselancar di media sosial, cahaya terang dari gadget ataupun layar komputer Anda akan mempengaruhi otak, dan justru membuat Anda terjaga lebih lama dan tidak dapat beristirahat. Tubuh pun akan  merasa lelah, karena kurang istirahat.

Kekurangan Asupan 12 Vitamindan 13 Mineral)

Kebiasaan lainnya adalah malasnya untuk mengonsumsi vitamin dan mineral, sehingga tubuh kekurangan asupan vitamin dan mineral, yang membuat tubuh menjadi lebih cepat lelah. Nah, untuk Anda yang sibuk dan hampir tidak punya waktu banyak, mengonsumsi Renovit Multivitamin satu kaplet setiap hari, akan menjadi pilihan yang baik. Karena Renovit Multivitamin memiliki kandungan paling lengkap, dengan 12 vitamin dan 13 mineral yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh Anda sehari-hari.

Share Artikel ini :