...
Jangan Sepelekan Sakit Perut, Bisa Jadi Tanda Radang Usus

Newsletter_Renovit_SES























Apakah Anda sering mengalami sakit perut? Gejala ini memang cukup umum dan penyebabnya pun karena berbagai kondisi. Namun, jika Anda sering sakit perut, jangan sepelekan gejala tersebut. Jika kemudian disertai keluhan lainnya, maka Anda perlu waspada. Pasalnya, sakit perut bisa jadi gejala radang usus.

Sakit perut biasanya disebabkan adanya gangguan dalam pencernaan. Oleh karena itu, kenali tanda dan gejalanya terlebih dahulu. Gejala-gejala gangguan pencernaan mungkin terjadi selama atau setelah makan dan minum. Di samping itu, stress pun bisa memicu gangguan pencernaan. Kondisi-kondisi seperti perut yang seakan penuh dan berat, sering bersendawa, ataupun makanan atau cairan kembali dari perut ke dalam kerongkongan itu pertanda ada yang tidak beres dalam pencernaan Anda.


Apabila kondisi itu semakin berlanjut, Anda perlu waspada dan kenali tanda-tanda radang usus. Biasanya memang terlihat ringan, tetapi ciri-ciri radang usus perlu disadari. Seperti diare, demam, kemudian berat badan yang turun drastis. Biasanya pun diiringi dengan buang air besar (BAB) berdarah kemudian nafsu makan yang berkurang. Kondisi ini pertanda bahwa radang usus Anda sudah parah.

Kondisi radang usus ini memang tidak ada pemicu pastinya. Namun, ada dua penyebab yang paling umum yakni kerusakan dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Walau begitu, menu makanan dan merokok pun juga jadi salah satu pemicu yang lazim ditemui di penderita radang usus. Menu makanan yang tinggi protein daging dan ikan dapat menyebabkan keracunan sel dan luka pada usus.

Untuk itu, bagi penderita radang usus, penting untuk perhatikan makanan yang boleh dikonsumsi. Pertama yang harus dilakukan adalah mengubah pola makan di mana makan dalam porsi yang sedikit tetapi sering. Hal ini disebabkan, makan dalam porsi besar justru membuat kerja usus yang sudah terluka semakin berat. Kemudian batasi pula konsumsi garam dan lemak, membatasi asupan serat, tidak konsumsi susu dan hindari soda, kafein dan alkohol.

Radang usus hanya bisa diobati dengan memperbaiki gaya hidup. Beberapa perubahan yang dilakukan untuk mengobati luka pada usus antara lain mengubah jenis makanan dan minuman yang menyebabkan radang usus. Kemudian menghentikan kebiasaan merokok dan harus berolahraga secara rutin. Olah raga secara rutin dapat membantu mengembalikan fungsi normal usus dan juga mengurangi stres.

Di samping mengubah pola makan serta minuman dan olah raga yang rutin, konsumsi multivitamin juga jadi pilihan yang tepat. Konsumsi satu kaplet Renovit Multivitamin atau Renovit Gold sehari akan mampu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh Anda.

Renovit Multivitamin dilengkapi dengan 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari-hari. Sedangkan Anda yang berusia di atas 50 tahun, Renovit Gold mengandung 12 vitamin dan 13 mineral plus zat aktif tambahan yang dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan di usia lanjut.

Share Artikel ini :