...
Hobi Make Up? Hati-hati Kesehatan Kulit Wajah Terganggu

AkibatMakeup-1






















Bagi sebagian besar perempuan, memakai make up saat meninggalkan rumah menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Bahkan tak sedikit perempuan rela mengeluarkan uang  berjuta-juta untuk membeli peralatan make up yang bermerek dan berkelas, seperti yang digunakan oleh selebritis, demi mendapatkan hasil riasan yang sempurna.

Nah, jika Anda memiliki hobi make up, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan. Karena terkadang, tak sedikit perempuan yang lupa untuk menghapus riasan wajah saat tidur, akibat terlalu lelah. Padahal malam hari adalah waktu yang sangat sempurna bagi kulit untuk beristirahat dan meregenerasi sel-sel kulit, agar tetap terlihat cantik dan awet muda. Apa saja sih yang harus diperhatikan agar kesehatan kulit wajah tidak terganggu akibat menggunakan make up? Berikut ulasan selengkapnya.

1. GEJALA KULIT TERGANGGU AKIBAT MAKE UP

AkibatMakeup-2


















Seperti yang diketahui tidak semua bahan-bahan pembuat make up terbuat dari bahan alami, bahkan tak sedikit yang memakai bahan kimia sebagai campurannya. Nah apa jadinya jika make up yang menempel di wajah selama seharian penuh tidak dibersihkan? Sudah pasti kesehatan kulit pun akan terganggu.

Make up yang masih menempel di kulit pada saat tidur, akan berdampak buruk bagi kulit jika tidak segera dibersihkan. Make up yang tidak dibersihkan akan terserap ke dalam kulit bersamaan dengan produksi minyak pada wajah, sehingga sisa riasan menutupi pori-pori kulit. Akibatnya, timbul komedo serta jerawat di wajah.

Menurut American Academy of Dermatology, ada beberapa bahan pembuat foundation dan bedak yang dapat berdampak langsung pada jaringan dan sel kulit, sehingga memicu timbulnya keretakan dan keriput pada kulit. Selain dapat menimbulkan penuaan dini, sisa riasan make up juga dapat menyebabkan kanker kulit, yang dapat mengganggu kinerja sel kulit.

Penggunaan make up berbentuk cair seperti mascara, eyeliner ataupun glitter, ternyata juga dapat mendatangkan permasalahan pada kulit, terutama kulit sekitar mata. Jika riasan tidak dibersihkan dan dibiarkan berlama-lama, maka bisa jadi akan terjadi gangguan di sekitar kulit mata, antara lain iritasi kulit dan infeksi pada mata.

2. MENGAPLIKASIKAN MAKE UP DENGAN JARI TANGAN

AkibatMakeup-3


















Kebiasaan yang satu ini, adalah salah satu kebiasaan jelek yang sering sekali dilakukan. Alih-alih menggunakan kuas ataupun beauty sponge, jari tangan menjadi salah satu alat rias yang seringkali dipakai untuk mengaplikasikan make up ke wajah. Padahal, jari adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling banyak terdapat bakteri.

Namun jika Anda adalah salah satu orang yang lebih nyaman melakukan make up dengan menggunakan tangan, biasakan untuk selalu mencuci tangan Anda sebelum dan sesudah melakukan make up.

3. ALAT MAKE UP KOTOR JARANG DIBERSIHKAN

AkibatMakeup-5


















Kebiasaan lain saat make up yang dapat mengganggu kesehatan kulit wajah adalah tidak membersihkan alat make up. Untuk satu hal ini, sepertinya menjadi satu hal yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar perempuan di dunia. Sekarang coba saja Anda ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda membersihkan alat make up Anda?

Untuk itu, cucilah peralatan make up, seperti kuas, spons, dan peralatan make up kotor lainnya, setidaknya seminggu sekali, jika digunakan untuk diri sendiri. Tapi jika peralatan make up sering digunakan untuk merias wajah orang lain, maka sebaiknya cucilah peralatan make up Anda, setelah selesai digunakan.  Kuas, beauty blender, maupun puff bedak yang kotor dapat menyebabkan kulit berjerawat, mudah keriput dan yang paling parah adalah terkena infeksi bakteri.

Untuk membersihkan spons, Anda hanya perlu mengucek spons dengan menggunakan sabun wajah dan bilas dengan air bersih, kemudian keringkan dengan handuk sambil ditekan-tekan agar kering dengan maksimal. Sedangkan untuk membersihkan kuas, caranya adalah dengan merendam bulu kuas dengan menggunakan air hangat yang sudah dicampur dengan sampo bayi, kemudian bersihkan dengan lembut dan keringkan dengan handuk. Atau Anda juga dapat menggunakan cairan khusus pembersih kuas, yang disemprotkan langsung ke kuas make up.

4. CARA MENGATASI KULIT WAJAH TERGANGGU AKIBAT MAKE UP

AkibatMakeup-4


















Salah satu cara merawat kulit adalah dengan membersihkan wajah secara teratur. Biasanya kebiasaan membersihkan wajah hanya dilakukan oleh sebagian besar perempuan pada saat pagi hari dan juga malam hari. Padahal seharusnya, setelah seharian penuh wajah dipenuhi oleh make up, maka sebaiknya Anda mencuci wajah sebanyak 3 hingga 4 kali perhari, tergantung dari kondisi jenis kulit wajah Anda. Selain itu, gunakanlah pembersih wajah sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit Anda.

Jika memang Anda perlu untuk menggunakan make up dalam jangka waktu yang lama, gunakanlah make up berbahan non-acnegenic dan non-comedogenic, sehingga pori-pori tidak tersumbat. Terakhir, biarkanlah kulit wajah sedikit “bernafas” dengan sesekali tidak menggunakan make up.

Nah, sebagai salah satu bagian penting dari tubuh manusia, maka kesehatan kulit perlu menjadi perhatian khusus. Untuk itu, selain melakukan perawatan kulit secara rutin, maka perlu juga ditambah dengan mengonsumsi beberapa vitamin yang baik untuk kulit, diantaranya adalah vitamin B kompleks, vitamin C, dan juga vitamin E, yang sangat baik untuk menjaga kelembapan dan kelembutan kulit. Namun Anda tidak perlu khawatir dan juga repot, karena kini semua vitamin yang baik untuk kulit terdapat dalam setiap 1 kaplet Renovit Multivitamin dan Mineral, yang mengandung 12 vitamin dan 13 mineral yang sangat baik untuk kulit dan juga tubuh.  

Share Artikel ini :