...
Fakta Mengejutkan Demensia

FaktaMengejutkanDemensia

Demensia atau biasa disebut penyakit pikun memang bisa menyerang siapa saja. Demensia merupakan gangguan fungsi kongnitif yang sifatnya progresif juga diikuti gangguan kognitif lainnya yang sudah menganggu fungsi sosial dan pekerjaannya. Berikut ini beberapa fakta mengejutkan seputar Demensia yang patut untuk diketahui.

Wanita lebih banyak terkena demensia. Menurut penilitian wanita dua kali lebih besar jumlahnya dibanding pria yang menderita gangguan kognitif ringan. Gangguan ini yang juga merupakan cikal bakal demensia. Para peneliti juga menemukan, wanita jauh lebih rentan terhadap pengembangan demensia lebih dini.

Tidak hanya wanita, demensia juga memengaruhi kawula muda. Lebih dari 40.000 orang di Inggris yang berusia di bawah 50 tahun, ternyata sudah didiagnosis menderita demensia di usia muda. Sebuah fakta yang cukup mengejutkan untuk sebuah penyakit yang identik dengan orang berusia di atas 50 tahun.

Beberapa tanda-tanda awal Demensia diantaranya berkaitan dalam kehidupan bersosial sehari-hari. Seperti contohnya, kesulitan menemukan kata-kata yang tepat saat mengobrol. Lalu perubahan suasana hati yang cepat dan juga bersikap apatis. Penderita demensia cenderung mulai kehilangan minat dalam hobi atau kegiatan. Kemudian kesulitan dalam mengikuti alur cerita dan terkadang melupakan arti kata-kata yang mereka dengar. Gejala awal terburuk adalah sulit beradaptasi dengan perubahan di lingkungan sosial masyarakatnya.

Faktanya sebagian besar penyakit demensia ini belum ada obatnya. Namun perkembangannya bisa diperlambat atau bisa dihentikan dengan pola hidup yang tepat. Selain dengan melatih daya ingat, perhatikan pula makanan yang Anda konsumsi, asupan nutrisi dan multivitamin juga penting untuk meningkatkan daya ingat. Asupan multivitamin seperti Renovit Multivitamin. Kandungan lengkap 12 vitamin dan 13 mineral dan sangat penting untuk memelihara fungsi memori dan daya ingat.

 

Share Artikel ini :