...
Donor Darah, Menjadi Lansia Lebih Sehat

DonorDarah-1

Ada sebuah mitos menyatakan bahwa manula “terlalu tua” untuk menyumbangkan darah. Apakah mitos itu benar? Selama memenuhi persyaratan kelayakan, tidak ada batas usia mendonorkan darah. Dengan rutin melakukan donor darah, justru membuat Anda menjadi lansia yang lebih sehat, bahkan menyelamatkan nyawa seseorang yang lebih muda!

Lalu apa saja manfaat yang akan didapatkan dengan rutin donor darah? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Mengurangi resiko penyakit jantung

DonorDarah-2

Menurut Profesor Phillip DeChristopher,Direktur Bank darah Sistem Kesehatan di Universitas Loyola, dikutip dari situs health.com, sumbangan darah berulang dapat membantu aliran darah lebih baik dan mengurangi lapisan pembuluh darah yang rusak, hingga akhirnya bisa meminimalisir penyumbatan arteri. Sebuah studi American Journal of Epidemiology menemukan bahwa 88% lebih kecil kemungkinan bagi pendonor darah mengalami serangan jantung.

2. Membakar kalori

Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Tidak percaya? Bayangkan saja, ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, maka Anda pun kehilangan sekitar 650 kalori. 

3. Menurunkan risiko kanker

Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan. "Dan mereka cenderung tidak terkena serangan jantung, stroke, dan kanker."kata profesor Christopher.

4. Mendapatkan ‘mini check-up’ gratis 

DonorDarah-3

Sebelum Anda memberi darah, Anda harus terlebih dahulu menyelesaikan fisik cepat yang mengukur suhu, denyut nadi, tekanan darah, dan kadar hemoglobin Anda. Setelah darah Anda dikumpulkan, dikirim ke laboratorium dan akan menjalani 13 tes berbeda untuk penyakit menular, seperti virus HIV. Jika ada hasil yang kurang baik, Anda akan diberitahu segera.

"Jika tahun demi tahun tes Anda kembali negatif, maka Anda merasa lebih lega," Dr. DeChristopher mengatakan. Meski demikian, tes fisik dan darah bukanlah alasan untuk melewatkan kunjungan dokter tahunan Anda, tapi bagus untuk ketenangan pikiran.

5. Menjadi lansia yang lebih sehat

DonorDarah-4

Usia lanjut umumnya rentan mengalami masalah kesehatan, seperti penyakit jantung, kegemukan (obesitas), kanker, masalah tekanan darah, kolesterol dan lain sebagainya.

Namun, dikutip dari situs Boldsky, banyak lansia yang memiliki kesehatan cukup baik dan tampil prima di usianya. Salah satu penyebabnya, para lansia tersebut memiliki kebiasaan mendonorkan darah sejak usia muda hingga usia lanjut.

Selain donor darah secara rutin, minum multivitamin yang tepat juga membantu menstabilkan kesehatan Anda. Renovit Gold Multivitamin diformulasikan khusus bagi Anda yang berusia di atas 50 tahun. Dengan kandungan 12 vitamin dan 13 mineral plus zat aktif tambahan seperti Beta Caroten & Lutein,Extract Huperzine dan L Carnitine yang dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan di usia lanjut. Jadi tetaplah sehat, produktif dan donorkan darah Anda!

Share Artikel ini :