...
Dahsyat! 4 Latihan Ini Lebih Efektif Membentuk Tubuh Dibanding Lari

Olahraga mati-matian dan menjaga pola makan dengan melakukan diet ketat, telah menjadi kebiasaan dan cara yang paling sering dilakukan untuk membentuk tubuh menjadi ideal. Namun terkadang, walaupun sudah menjaga pola makan dan melakukan olahraga teratur, berat badan ideal tak kunjung juga didapat. Mungkin kini saatnya Anda untuk mengganti pola olahraga Anda dengan melakukan beberapa latihan berikut ini, yang dinilai lebih efektif dalam pembentukan tubuh dibandingkan dengan lari. Apa saja bentuk latihannya dan apa saja kedahsayatan latihan tersebut? Ini dia nih..

1. PERKUAT OTOT LENGAN DAN PAHA DENGAN BURPEESS

DAHSYAT4LATIHAN-2

Pernah mendengar kata burpeess? Ya, burpeess adalah salah satu latihan yang diciptakan oleh Burpee Dluginski. Biasanya latihan ini diperuntukkan untuk para tentara guna melatih kebugaran tubuh mereka. Gerakan burpeess sendiri terlihat sederhana, praktis dan tidak perlu menggunakan alat bantu.  Namun bagi pemula yang baru pertama kali mencoba gerakan burpees ini, pastinya sudah akan membuat nafas menjadi sedikit “ngos-ngosan”.

Gerakan burpeess sendiri merupakan gabungan dari 5 gerakan yaitu gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat ke posisi jongkok dan terakhir berdiri sambil berloncat. Jika ke 5 gerakan ini dilakukan dengan benar, maka seluruh bagian tubuh akan bergerak dan esesnsi olahraga benar-benar dilakukan. Sebuah penelitian di American College of Sports Medicine menyebutkan bahwa jumlah kalori yang terbakar ketika melakukan burpeess sebanyak 10 repetisi dengan pace tinggi, setara dengan sprint atau lari cepat selama 30 detik.

Burpeess sendiri bermanfaat untuk menguatkan otot terutama otot lengan dan paha, menjaga kesehatan jantung, mengurangi lemak, dan meningkatkan daya tahan tubuh. Namun latihan ini kurang cocok untuk Anda yang memiliki masalah pada tulang belakang.

2. LEMAK HILANG DENGAN PLANK

DAHSYAT4LATIHAN-3

Latihan yang juga sangat efektif dan efisien untuk pembentukan tubuh adalah plank. Pada dasarnya plank adalah menjaga posisi di mana berat tubuh disangga oleh kedua tangan, siku dan kedua ibu jari kaki selama beberapa waktu. Walau pun terlihat cukup mudah, namun posisi statis pada latihan plank ini dipercaya lebih banyak membakar kalori, tubuh menjadi lebih fleksibel, lengan menjadi lebih kencang, dan tentu saja perut menjadi lebih rata. Walaupun lari juga sama-sama membakar kalori, namun olahraga plank tidak perlu membuat Anda keluar rumah ataupun membeli treadmill. Karena plank dapat dilakukan di mana saja, termasuk di rumah.

Namun tentu saja untuk mendapatkan manfaat maksimal dari latihan plank ini, Anda perlu melakukannya rutin setiap hari dengan meningkatkan durasinya sedikit demi sedikit. Agar tidak membosankan, plank dapat dilakukan dengan beragam variasi posisi, seperti ‘side plank’, ataupun ‘one legged plank’. Anda juga dapat melakukan variasi gerakan plank dengan push up, yaitu dengan melakukan posisi push up, luruskan lengan dan pertahankan posisi tersebut selama 1 menit. Untuk melakukan gerakan plank ini sebenarnya tidak perlu lama-lama, sebaiknya hanya selama 30 – 60 detik saja. Dan selama melakukan plank sebaiknya selalu memperhatikan posisi punggung. Selama posisi punggung tidak melengkung, maka latihan plank akan bekerja maksimal pada otot-otot.

3. KECILKAN PERUT BUNCIT DENGAN OLAHRAGA MOUNTAIN CLIMBER

DAHSYAT4LATIHAN-4

Mengecilkan perut buncit, sudah pasti bukanlah hal yang mudah dan dibutuhkan proses yang tidak instan. Hampir sama dengan plank, olahraga mountain climber juga tidak memerlukan alat dan sangat praktis untuk dilakukan di rumah. Walaupun begitu, latihan mountain climber sangat efektif mengusir lemak-lemak di perut dibandingkan lari. Gerakan mountain climbers sendiri bekerja pada otot peru, kaki dan juga lengan Anda. Untuk melakukan latihan mountain climber ini sendiri caranya sangat mudah. Mulaiah dengan posisi push-up, dengan tangan terentang selebar bahu, dan kedua telapak tangan Anda menempel rata pada lantai. Usahakan tangan lurus menopang berat tubuh. Rentangkan kaki, setelah itu tarik kaki kanan Anda ke arah dada, kemudian kembalikan kaki ke posisi semula. Lakukan hal yang sama dengan kaki kiri Anda secara bergantian selama 1 menit. Pastikan Anda tetap menjaga pinggul Anda tetap rendah yaa..

Latihan mountain climber sendiri jika secara rutin dilakukan dapat berefek mengecilkan perut Anda yang buncit, serta sangat bagus untuk pembentukan otot lengan dan bahu. Tak hanya itu, latihan mountain climber juga sangat berpengaruh terhadap kesehaan jantung Anda, karena gerakan mountain climbers berefek dalam memompa jantung, sehingga meningkatkan suplai darah dan oksigen di dalam tubuh. Sendi lutut dan pinggul pun menjadi lebih fleksibel, serta menurunan risiko terkena cidera sendi.

4. SEMPURNAKAN LATIHAN PEMBENTUKAN TUBUHMU DENGAN SQUAT

DAHSYAT4LATIHAN-5

Sempurnakan latihan pembentukan tubuh Anda dengan melakukan squat. Olahraga yang juga tidak membutuhan peralatan khusus ini, cukup berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu, kemudian turunkan tubuh secara perlahan hingga sedikit berjongkok. Gerakan squat sendiri dapat membakar kalori sektar 100 kaori jika dilakukan dalam waktu 15 menit. Squat sendiri sangat bagus untuk kekecangan otot perut hingga bagian intim wanita.

Nah, agar Anda tidak cepat lelah dengan segala aktivias olahraga rutin demi mendapatkan tubuh ideal, jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin dan mineral yang cukup, agar daya tahan tubuh dapat terjaga. Untuk itu, konsumsi 1 kaplet Renovit Multivitamin setiap hari, agar tubuh Anda tercukupi kebutuhan akan vitamin dan mineralnya. Karena di dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin telah terkandung 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari-hari.

Share Artikel ini :