...
Daftar Makanan yang Harus Dihindari Penderita Osteoarthritis

Newsletter_Renovit_Mar19_7






















Pada orang dewasa, Osteoarthritis adalah ancaman terhadap sendi yang patut dihindari sedari dini. Osteoarthritis adalah peradangan sendi lutut dan menyebabkan nyeri sendi parah disertai pembengkakan. Penderita penyakit ini bila tidak memerhatikan komsumsi makanan, maka gejalanya akan terus memburuk. Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita penyakit ini.

1. Hindari makanan dan minuman bergula.

Minuman dan seperti soda, teh manis, permen, cake adalah pantangan yang harus dihindari. Gula dapat memicu pelepasan sitokin, yaitu protein kecil yang membawa sinyal peradangan dalam tubuh. Akibatnya, reaksi peradangan akan terjadi dan membuat persendian Anda yang tegang jadi semakin lemah. Di samping itu, makanan berkarbohidrat seperti nasi putih, keripik kentang, roti putih pun dapat memicu nyeri sendi. Makanan ini merangsang produksi oksidan yang bisa meningkatkan peradangan di dalam tubuh.

2. Makanan Mengandung Asam Lemak Omega 6

Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 6 yang biasa didapat di kuning telur juga kurang baik bagi penderita Osteoarthritis. Kandungan asam lemak omega 6 memang  berperan dalam pembentukan sel dan mencegah peradangan. Namun, jika kadarnya berlebihan, bukannya mencegah peradangan, asam lemak tersebut malah akan memperburuk peradangan.

3. Kurangi Konsumsi Daging Merah

Konsumsi daging merah berlebih akan menyebabkan peradangan. Hal ini disebabkan lemak jenuh yang terkandung dalam daging merah dapat meningkatkan peradangan, sehingga dapat memperparah Osteoarthritis. Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi daging merah dan mengganti dengan makanan kaya omega-3, seperti Ikan Salmon, Teri dan Kacang Almond. Selain itu, kurangi pula konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi.

4. Gorengan dan makanan olahan

Aneka gorengan seperti kentang dan makanan junk food sebaiknya dihindari karena mengandung lemak jenuh tinggi. Proses menggorengan makanan tersebut dapat meningkatkan koleterol dalam tubuh sehingga peradangan jadi semakin parah. Tidak hanya itu, konsumsi makanan tersebut cenderung meningkatkan berat badan sehingga menambah tekanan pada sendi di lutut. Proses menggoreng makanan untuk penderita osteoarthritis sebaiknya menggunakan minyak zaitun atau minyak jagung.

Minyak zaitun mengandung Oleocanthal yang terbukti mampu membantu pencegahan peradangan. Makanan tinggi beta-caroten juga akan berikan manfaat lebih bagi penderita Osteoarthritis. Anda juga bisa dengan menambahkan asupan vitamin dan mineral yang cukup untuk tubuh dengan mengonsumsi Renovit Multivitamin. Karena didalam 1 kaplet Renovit Multivitamin dan Mineral, telah terkandung 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh yang pasti lebih lengkap dan lebih sehat.

Share Artikel ini :