...
Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata

KesehatanMata-1

Mata adalah salah satu organ tubuh yang paling penting dan sudah seharusnya dijaga. Namun ternyata, berdasarkan sebuah penelitian, secara global orang dewasa di seluruh dunia, kurang memperhatikan kesehatan matanya. Dari penelitian tersebut juga terungkap bahwa lebih dari dua pertiga responden menganggap berat badan dan tingkat kebugaran sebagai indikator kesehatan dan kesejahteraan secara umum. Sedangkan hanya sepertiga responden yang menganggap penglihatan penting untuk dijaga kesehatannya.

Padahal, pemeriksaan mata secara berkala untuk mencegah gangguan mata sangatlah penting, apalagi jika Anda telah berusia lanjut, memiliki riwayat penyakit diabetes dan juga memiliki riwayat penyakit mata dalam keluarga, seperti glukoma. Dan kebiasaan masyarakat modern yang lebih banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan sambil melihat gadget ataupun layar komputer, membuat mata semakin berisiko untuk mengalami gangguan. Nah, untuk menjaga kesehatan mata sebenarnya tidak terlalu sulit, bahkan bisa Anda lakukan dengan mengubah kebiasaan Anda sehari-hari. Apa saja ya cara mudah untuk menjaga kesehatan mata? Simak yang berikut..

Ubah Kebiasaan yang Dapat Merusak Mata

Melihat gadget ataupun komputer, biasanya sudah menjadi tuntutan pekerjaan ataupun kebiasaan sehari-hari hampir sebagian masyarakat saat ini. Bahkan tak jarang, saat sebelum tidur dengan pencahayaan yang minim, Anda  masih asyik “berselancar” di media sosial melalui gadget Anda. Padahal menatap layar gadget ataupun komputer secara terus menerus memiliki dampak negatif bagi kesehatan mata Anda, apalagi jika dalam kondisi ruangan dengan pencahayaan yang minim. Karena pada saat pencahayaan dalam ruangan minim, fokus cahaya hanya berasal dari layar gadget saja, dan dapat membuat mata menjadi silau. Namun, jika lampu dalam ruangan dihidupkan, akan membuat pencahayaan lebih merata dan mata tidak hanya berfokus pada satu titik saja.

KesehatanMata-2

Untuk itu, Anda perlu menyesuaikan pencahayaan layar gadget ataupun komputer Anda dengan lampu ruangan, agar kesehatan mata tidak terganggu. Untuk pemakaian komputer, sebaiknya layar komputer berjarak 20 cm dari wajah, dengan sudut yang tidak begitu tinggi, yakni sekitar 10–20 cm di bawah mata. Sedangkan bagi Anda yang hobi membaca buku, upayakan agar jarak mata Anda dengan buku berjarak kurang lebih 25-30 cm.

Cukupi Kebutuhan Vitamin untuk Kesehatan Mata

Cara lainnya untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan mencukupi kebutuhan vitamin yang diperlukan oleh mata. Selama ini kebanyakan orang hanya mengetahui bahwa vitamin A yang baik untuk mata. Namun ternyata, tidak hanya vitamin A, mata juga membutuhkan berbagai macam vitamin agar tidak mengalami kerusakan, diantaranya adalah lutein dan zeaxanthin, yaitu dua jenis karotenoid berpigmen kuning sampai merah yang banyak ditemukan pada sayuran dan buah-buahan.

Banyak penelitian menyebutkan, lutein dan zeaxanthin dapat mengurangi risiko degenerasi makula dan katarak pada mata. Lutein dan zeaxanthin dapat melindungi mata dengan cara menyaring gelombang cahaya energi tinggi yang diterima mata, seperti sinar ultraviolet B (UV B), dan bertindak sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga dapat mencegah kerusakan sel-sel pada mata.

Selalu Lengkapi 12 Vitamin dan 13 Mineral Agar Penglihatan Tetap Sehat dan Terjaga

Cara mudah lainnya untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan memberikan asupan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata, seperti mengonsumsi paprika, yang ternyata memiliki nilai nutrisi yang cukup tinggi karena banyak mengandung vitamin C dan A. Paprika juga sangat baik untuk pembuluh darah di mata, sehingga dapat menurunkan risiko mata terkena katarak.

Selain paprika, mengonsumsi kacang-kacangan dan juga biji-bijian seperti kacang almond, kacang mete dan biji bunga matahari, dapat membantu mencegah degenarasi otot mata karena banyak mengandung vitamin E. Mengonsumsi sayuran berdaun hijau juga sangat baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin C, betakaroten, lutein dan zeaxanthin, yang dapat melindungi mata dari sinar UV yang berbahaya. Selain itu, dengan mengonsumsi 1 kaplet Renovit Multivitamin setiap harinya, juga bisa menjadi pelengkap sempurna untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh mata. Karena dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin telah mengandung 12 vitamin dan 13 mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Share Artikel ini :