...
Bukan Daging Kambing, Ini Penyebab Darah Tinggi yang Harus Kamu Ketahui!

Sebagian orang mengganggap konsumsi kambing adalah salah satu penyebab utama hipertensi atau tekanan darah tinggi. Padahal hal tersebut tidak tepat, sebab antara daging kambing dan hipertensi tidak ada kaitannya. Para peneliti Jepang lewat penelitiannya yang dipublikasi Asian-Australasian Journal of Animal Sciences 2014 silam menyebutkan konsumsi daging kambing bukanlah penyebab darah tinggi. Untuk itu, daripada salah kaprah, ada baiknya ketahui penyebab-penyebab darah tinggi berikut ini.

1. Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam

 

Jangan salahkan daging kambingnya, tapi coba perhatikan lagi kandungan garam yang digunakan sebagai bumbu. Konsumsi garam berlebih, menyebabkan penumpukan natrium alami dalam tubuh. Kelebihan ini yang memperberat kerha ginjal untuk buang sisa cairan limbah dalam tubuh. Efeknya, terjadi retensi cairan yang dapat meningkatkan tekanan darah dalam pembuluh. Mengurangi porsi garam (dalam bentuk apa pun) dari 10 gram menjadi 6 gram per hari menurunkan risiko tekanan darah tinggi.

2. Stres

Saat stres, tensi darah Anda meningkat hingga 30-40% dari hitungan normal. Dalam kondisi stres, hormon kartisol, adrenalin, dan norepinefrin dilepaskan oleh otak sehingga menyebabkan denyut jantung meningkat. hormon-hormon ini pula yang menyempitkan diameter pembuluh darah.

3. Malas Bergerak

Kebiasaan ini yang kerap tanpa disadari tetapi sebenarnya menjadi penyebab hipertensi. Bila malas bergerak, detak jantung akan cenderung lebih cepat. Imbasnya, jantung harus bekerja ekstra keras memompa darah dan akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu, mulailah olahraga ringan seperti jalan kaki atau naik turun tangga, aktivitas fisik secara teratur terbukti jadi cara efektif untuk menjaga tensi darah tetap stabil.

4. Pola Makan Tidak Sehat

Hal yang kerap diabaikan sebagian orang adalah pola makan dan kebiasaan yang tidak sehat. Salah satunya konsumsi rokok dan alkohol. Dalam sekali hisapan, rokok membuat tekanan darah meningkat tajam, khususnya tekanan darah sistolik yang meningkat. Hal itu disebabkan kandungan nikotin memicu sistem saraf di otak untuk menyempitkan pembuluh darah sekaligus meningkatkan tekanan darah. Tidak jauh berbeda dengan rokok, sering minum minuman beralkohol menyempitkan pembuluh darah apalagi dalam dosis tinggi. Sehingga sebabkan kerusakan ginjal dan organ vital lain yang memengaruhi tekanan darah.

Oleh sebab itu, pola makan sehat adalah pilihan terbaik untuk mencegah hipertensi. Alih-alih menghindari daging kambing, nyatanya bukan itu penyebabnya. Penting untuk ketahui penyebab hipertensi, seperti sama pentingnya mengetahui kebutuhan vitamin dan mineral dalam tubuh. Untuk hal ini, Renovit Multivitamin adalah pilihan tepat. Dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin mengandung 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh sehari-hari. Konsumsi 1 kaplet sehari akan menjaga tubuh tetap bugar. Renovit Multivitamin, Lebih Lengkap, Lebih Sehat.

 

Share Artikel ini :