...
Atasi Kulit Kering Dengan Melengkapi Kebutuhan Vitamin

KulitKering-1






















Memiliki kulit sehat nan cantik, pasti menjadi idaman bagi setiap perempuan. Karena seperti yang diketahui, dengan memiliki kulit sehat, maka kecantikan seorang perempuan akan lebih terpancar. Kulit sendiri memiliki fungsi sebagai pengatur suhu, sekresi berbagai komponen zat pembentuk vitamin D, dan juga sebagai organ pelindung.

Kulit sehat memiliki beragam ciri, diantaranya adalah bersih, tidak berjerawat, terbebas dari flek, bebas komedo, warna kulit yang merata, kulit memiliki elastisitas yang baik, serta bertekstur yang halus dan lembut. Namun sayang, tidak semua perempuan memiliki kulit yang sehat. Bahkan tak sedikit perempuan banyak yang mengeluhkan kondisi kulit yang cenderung kering. Kulit kering sendiri sebenarnya bukanlah penyakit yang serius, namun memang akan sangat menganggu penampilan, sehingga membuat seseorang menjadi tidak percaya diri dengan penampilan mereka. Nah, Anda mengalami kulit kering dan ingin tahu bagaimana cara mengatasinya? Simak dalam ulasan berikut ini.

GEJALA KULIT KERING

KulitKering-2


















Kulit kering atau xerosis adalah suatu kondisi umum pada kulit yang biasanya terjadi karena kekurangan cairan pada lapisan paling luar kulit, dan bisa dialami siapa saja tanpa memandang jenis kelamin.  Beberapa bagian dari kulit tubuh yang biasanya mudah kering adalah tangan, lengan, dan kaki bagian bawah.

Tanda dan gejala kulit kering sendiri sangat bergantung pada usia, kesehatan, tempat tinggal, waktu yang dihabiskan ketika di luar rumah. Orang-orang yang berusia lanjut biasanya lebih rentan mengalami kulit kering. Namun gejala yang paling umum dialami oleh penderita kulit kering adalah rasa kencang atau gatal yang tidak disertai dengan peradangan. Hal ini terjadi karena kulit kering cenderung tidak elastis, sehingga ketika tubuh bergerak, permukaan kulit terasa retak dan menjadi gatal.

PENYEBAB KULIT KERING

KulitKering-3


















Kulit kering biasanya disebabkan oleh beragam faktor, diantaranya adalah  :

- Iritasi. Penggunaan sabun, parfum, deterjen, ataupun pelembut kain, biasanya menjadi salah satu pencetus iritasi yang dapat mengakibatkan kulit kering.

- Cuaca. Kulit menjadi lebih kering ketika musim dingin tiba. Karena pada saat musim dingin, biasanya suhu dan tingkat kelembapan menjadi sangat rendah.

- Panas. Berada didekat tungku pembakaran kayu, pemanas ruangan, serta kompor pada saat memasak, ternyata juga sangat berpengaruh terhadap kelembapan kulit, sehingga membuat kulit menjadi lebih kering. Tak hanya itu, mandi uap dan mandi air hangat juga bisa menyebabkan kulit kering.

- Kondisi kesehatan tertentu. Jika kulit Anda terlihat bersisik dan kemerahan, maka Anda perlu waspada. Karena kulit yang memiliki gejala seperti ini bukan kondisi kulit kering biasa, tapi bisa jadi kondisi akibat penyakit tertentu seperti dermatitis atopic atau psoriasis. Kulit bersisik dan kemerahan juga bisa karena terkait kondisi medis tertentu seperti diabetes atau kurang aktifnya kelenjar tiroid. Untuk kondisi kulit yang seperti ini, sebaiknya Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

- Terlalu sering menggosok saat mandi juga bisa menjadi penyebab kulit menjadi kering. Penggunaan alat bantu mandi seperti batu apung ataupun spons kasar, dipercaya dapat membuat kulit menjadi bersih. Namun hal tersebut justru membuat permukaan kulit menjadi rusak. Sebaiknya gunakan lap lembut untuk membersihkan tubuh.

- Konsumsi obat tertentu. Obat jerawat, obat darah tinggi dan juga obat kolesterol memiliki efek yang dapat membuat kulit menjadi kering.

Selain faktor eksternal tadi, penyebab kulit kering juga dapat disebabkan dari faktor internal seperti pertambahan usia, faktor genetis dan juga riwayat keluarga.

CARA MENGATASI KULIT KERING DENGAN MELENGKAPI KEBUTUHAN VITAMIN

KulitKering-4


















Pada umumnya kulit kering dapat diatasi dengan gaya hidup yang baik dan sehat. Selain menggunakan pelembab, menghindari terlalu sering mandi dengan air panas, mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup serta rutin, juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah kulit kering.  Kebiasaan sehari-hari yang juga dapat mengatasi kulit kering adalah dengan mengurangi durasi mandi. Usahakan waktu mandi tidak lebih dari 10 menit dan tidak kurang dari 5 menit. Gunakan sabun yang mengandung pelembap, dan gunakan handuk halus untuk mengeringkan badan, tanpa perlu menggosok-gosokkan handuk ke tubuh. Selain itu hindarilah paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu lama.

Untuk perawatan kulit di rumah, Anda bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti :

- Minyak zaitun, yang banyak mengandung antioksidan serta asam lemak yang baik untuk kulit

- Susu, yang mengandung anti peradangan, serta dapat menyembuhkan kulit kering serta gatal.

- Madu, yang dapat dioleskan ke seluruh tubuh dan wajah selama 5 hingga 10 menit secara rutin, agar kulit tidak kering.

- Minyak kelapa, balurkan minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang kering sebelum tidur, dan setelah mandi, agar kulit lebih terjaga kelembapannya.
- Gel lidah buaya, yang banyak mengandung antiseptik, serta antifungal, sehingga dapat membantu mengatasi kulit kering, gatal akibat iritasi dan mencegah kulit pecah-pecah. Caranya pun sangat mudah, yaitu dengan mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang kering, biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat.

Tak hanya itu, untuk mendapatkan kulit sehat maka Anda juga perlu menambah asumsi vitamin yang baik untuk kulit. Diantaranya adalah vitamin A yang menjadi sumber antioksidan guna mengusir radikal bebas, sehingga dapat mengurangi kerut dan garis halus. Selain itu, untuk memperbaiki sirkulasi dan metabolisme kulit, maka Anda perlu mengonsumsi vitamin B kompleks. Sedangkan untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, maka mengonsumsi vitamin C sangatlah dianjurkan. Vitamin E juga sangat baik untuk kulit, karena dapat memperbaiki kelembapan, kelembutan dan melindungi kulit dari sinar yang merugikan. Dan semua vitamin yang baik untuk kulit tersebut, dapat Anda temukan di Renovit Multivitamin dan Mineral. Karena dalam setiap 1 kaplet Renovit Multivitamin dan Mineral, telah mengandung 12 vitamin dan 13 mineral yang baik untuk tubuh, termasuk kulit.

Untuk menghindari berbagai permasalahan pada kulit, termasuk kulit kering, maka Anda perlu memperhatikan kulit Anda, dan melakukan perawatan yang tepat, sesuai dengan jenis kulit. Jangan lupa untuk selalu hidup sehat, dan menerapkan pola hidup seimbang, agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Share Artikel ini :