...
7 Kebiasaan Perusak Otak yang Pasti Pernah Anda Lakukan

7KebiasaanPerusakOtak-1

Anda mungkin tidak sadar bahwa kebiasaan Anda selama ini punya dampak positif dan negatif. Bahkan untuk hal-hal yang menurut orang lain hebat sekalipun. Bahayanya, kadang dampak negatif yang ditimbulkan bisa lebih besar dari yang dibayangkan. Apalagi bila sudah menyangkut tentang otak, yang merupakan bagian paling vital untuk tubuh.

Nah, berikut ini 7 kebiasaan perusak otak yang pasti pernah Anda lakukan.

Melewatkan makan pagi

7KebiasaanPerusakOtak-2

Kadang padatnya jadwal pekerjaan memang membuat Anda tidak lagi sempat untuk sarapan. Semua waktu tercurah ke apa yang harus dilakukan hari ini. Tapi sadarkah Anda, melewatkan sarapan adalah salah satu kebiasaan yang bisa menurunkan kinerja otak sehingga membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi. 

Kurang waktu tidur

7KebiasaanPerusakOtak-3




















Suka begadang? Ada baiknya mulai sekarang dikurangi. Karena kurang tidur dapat menyebabkan masalah kognitif permanen. Semakin sedikit Anda tidur, semakin sedikit Anda mendapatkan keuntungan proses penyimpanan memori saat tidur. Bahkan, kerusakan otak dapat terjadi akibat kurang tidur terus menerus!

Over eating

Makan berlebih adalah salah satu efek yang menurunkan kemampuan otak Anda. Mereka yang sering makan berlebih akan mengalami penurunan kemampuan otak yang berpengaruh pada masalah kepikunan. 

Kurang minum air putih

Tubuh kita sebagian besar diisi oleh air, yaitu sekitar 60 % bagian dari tubuh orang dewasa dan 80 % bagian dari tubuh anak-anak. Jadi dapat dibayangkan jika tubuh kita kekurangan cairan, maka fungsi berbagai organ tubuh pun akan terganggu. Jika seseorang kekurangan cairan maka distribusi oksigen ke otak menjadi terhambat. 

Melakukan multitasking

7KebiasaanPerusakOtak-4




















Memiliki kemampuan multitasking mungkin dipandang bagus. Apalagi dalam sisi pekerjaan. Namun patut disadari pula, multitasking juga berpengaruh pada kinerja otak Anda. Otak manusia tidak didesain untuk melakukan dua kegiatan sekaligus. Sering melakukan banyak kegiatan dalam satu waktu sekaligus membuat otak akan lamban memproses informasi.

Stress

Kalau yang ini pasti pernah Anda alami. Tekanan pekerjaan kadang membuat Anda stress. Ini salah satu perusak otak baik itu dalam jangka pendek maupun panjang. Kenaikan tingkat glukokortikoid akibat stres yang berkepanjangan akan berpengaruh pada melemahnya daya ingat seseorang.

Terlalu banyak mendapatkan informasi (terutama social media)

Ya, sosial media dan internet kini membuat arus informasi kian mudah didapat. Anda bisa mendapatkan informasi sebanyak apapun yang diinginkan. Kecenderungan terhadap keterhubungan satu sama lain melalui sosial media (sosmed) menyebabkan menurunnya daya konsentrasi, lebih narsis, lebih rentan terhadap depresi dan cemas, serta kurang bisa berempati.

Kebiasaan-kebiasaan ini malah semakin berbahaya apabila dilakukan terus menerus. Guna mengurangi dampak negatif dari kebiasaan tersebut, Anda dapat mengkonsumsi multivitamin dan mineral yang terkandung dalam Renovit. Renovit memiliki kandungan lengkap 12 vitamin dan 13 mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Share Artikel ini :