...
5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin Dan Mineral

5TANDA-1






















Untuk menjaga kesehatan, selain berolahraga, mengatur pola makan dengan gizi seimbang sangatlah penting. Dalam satu kali makan, setidaknya harus terdiri dari makanan 4 sehat 5 sempurna, yaitu nasi, lauk, sayur, buah dan dilengkapi oleh susu. Namun dari hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) tahun 2010, ditemukan bahwa masih banyak penduduk Indonesia yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Bahkan berdasarkan data Riskesdas tahun 2013, sebanyak 93,5 persen penduduk Indonesia yang berusia di atas 10 tahun, mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dibawah anjuran.

Padahal, sayuran dan buah-buahan merupakan sumber berbagai vitamin, mineral dan serat pangan yang cukup tinggi. Berbagai kajian menunjukkan bahwa dengan mengonsumsi sayur dan buah yang cukup, dapat menjaga tekanan darah, kadar gula dan juga kolesterol dibatas normal. Sedangkan jika seseorang  kurang mengonsumsi sayuran dan buah-buahan, maka orang tersebut berisiko mengalami kematian akibat saluran cerna, jantung koroner dan juga stroke. Untuk mengetahui kadar vitamin dan mineral dalam tubuh, anda dapat mendatangi klinik ataupun rumah sakit untuk melakukan tes darah. Namun, selain itu, sebagai langkah awal, anda dapat memeriksa sendiri anggota tubuh anda, apakah tubuh anda kekurangan vitamin dan mineral.

MATA BENGKAK

Seperti dilansir dari Medical Daily, mata yang bengkak merupakan salah satu tanda bahwa tubuh anda kekurangan vitamin dan mineral. Sebuah studi di tahun 2006, menyebutkan bahwa terdapat hubungan antara asupan yodium dan penyakit tiroid. Penyakit tiroid sendiri adalah suatu kondisi yang dapat  menyebabkan tubuh kelelahan dan mata membengkak. Kurang yodium juga dapat membuat kulit menjadi kering, berat badan bertambah, dan kuku menjadi rapuh. Selain garam, yodium sendiri terdapat diberbagai macam buah, antara lain cranberry, yogurt, kentang dan stroberi.

KULIT PUCAT

Kulit anda menjadi lebih pucat? Maka anda perlu waspada kurangnya vitamin B12. Vitamin B12 sendiri diperlukan untuk membantu produksi DNA, mengatur sistem saraf, dan juga pembentukan sel darah merah. Untuk mencegah kekurangan vitamin B12, anda dapat mengonsumsi sumber pangan hewani, seperti ikan salmon, daging merah, ayam, sereal, yogurt, dan juga keju swiss.

RAMBUT KERING

5TANDA-2


















Tanda lain dari tubuh yang kekurangan vitamin dan mineral adalah rambut yang kering. Jika anda merasa perawatan rambut anda sudah benar, namun rambut terasa masih kering, maka hal tersebut merupakan salah satu tanda kekurangan biotin atau vitamin B7. Rendahnya kadar biotin dalam tubuh juga dapat mengakibatkan kuku yang rapuh, serta penipisan rambut. Untuk meningkatkan kadar biotin dalam tubuh, maka anda perlu memperbanyak asupan telur, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

BIBIR PUCAT

5TANDA-3


















Selain kulit pucat, bibir yang pucat juga menjadi pertanda lain bahwa tubuh anda kekurangan vitamin dan mineral. Kurangnya zat besi dalam tubuh, biasanya menjadi penyebab bibir menjadi lebih pucat. Kekurangan zat besi, bukanlah hal yang dapat diremehkan. Zat besi sendiri merupakan mineral penting yang dibutuhkan hemogloblin dalam darah untuk membawa oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Zat besi juga merupakan enzim yang penting untuk membantu tubuh dalam mencerna makanan. Kekurangan zat besi biasanya banyak dialami oleh kaum wanita, terutama pada saat mengalami perdarahan berlebihan pada saat haid. Bagi anda yang merasa kekurangan zat besi, ada baiknya anda banyak mengkonsumsi makanan seperti daging merah, makanan laut, kacang-kacangan, dan juga sayur berdaun hijau gelap.

GUSI BERDARAH

Tanda lain dari kekurangan vitamin dan mineral adalah gusi berdarah. Jika gusi anda seringkali berdarah walaupun tidak sedang menyikat gigi, maka bisa jadi anda berindikasi kekurangan vitamin C. Tak hanya gusi berdarah, kekurangan vitamin C juga dapat mengakibatkan tubuh menjadi lebih mudah terkena flu dan demam. Untuk itu, anda perlu meningkatkan asupan vitamin C dalam tubuh dengan mengonsumsi jeruk, paprika merah, kangkung, brokoli, dan juga stroberi.

Jadi mulai sekarang, cobalah untuk merubah pola makan anda, dengan gizi yang seimbang. The National Health and Medical Research Council (NHMRC) merekomendasikan dua jenis buah dan lima jenis sayuran per hari. Sementara itu, Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan FAO menganjurkan 400 gram buah dan sayur per harinya. Namun anda tak perlu khawatir, dengan mengonsumsi Renovit Multivitamin setiap hari, anda dapat memenuhi kebutuhan  vitamin dan mineral dalam tubuh anda. Karena dalam 1 kaplet Renovit Multivitamin telah mengandung 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi harian tubuh, sehingga aman jika dikonsumsi setiap hari.

Share Artikel ini :