...
5 Makanan Yang Akan Membantu Tidurmu Lebih Nyenyak

5MAKANAN-1

Tidur adalah salah satu aktivitas yang sangat penting dilakukan agar kesehatan tubuh tetap terjaga dengan baik. Dengan memiliki tidur yang cukup, maka tubuh pun akan terasa lebih bugar dan sehat. Namun apabila aktivitas tidur terganggu, seperti waktu tidur yang kurang ataupun tidur tidak nyenyak, maka akan berdampak buruk pada kesehatan tubuh, apalagi jika hal tersebut berlangsung lama. Dampaknya sendiri antara lain dari berkurangnya konsentrasi, menurunnya sistem imun tubuh,hingga penuaan dini dan obesitas.

Mengonsumsi obat tidur atau obat penenang biasanya menjadi salah satu solusi yang sering dilakukan untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Namun, ternyata ada cara yang lebih mudah lho. Agar tidur Anda lebih nyenyak, mengonsumsi beberapa makanan yang banyak mengandung magnesium, protein dan karbohidrat menjadi salah satu cara yang dianjurkan, seperti mengonsumsi kacang almond satu atau dua jam sebelum tidur. Kacang almond sendiri diketahui banyak mengandung magnesium, sehingga membuat otot menjadi rileks, serta mengandung protein yang membuat gula darah menjadi seimbang saat tubuh beristirahat. Selain kacang almond, 5 makanan berikut ini juga dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak lho.

Apa aja sih? Yuk simak ulasan berikut ini..

1. OATMEAL

5MAKANAN-2

Makanan yang satu ini biasanya menjadi salah satu menu yang paling mudah untuk disajikan pada saat sarapan pagi. Nah ternyata, oatmeal juga sangat baik dikonsumsi pada saat menjelang tidur lho. Ya, santapan ringan ini diketahui sangat kaya akan magnesium, sehingga akan membuat tidur Anda lebih nyenyak dari biasanya. Menurut para ahli, kekurangan magnesium dapat menyebabkan seseorang menjadi sulit tidur.  Tak hanya itu, oatmeal juga banyak mengandung kalsium, fosfor dan potassium yang dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

Untuk penyajiannya sendiri, Anda dapat menambahkan oatmeal dengan buah-buahan sebagai toping seperti pisang. Pisang sendiri adalah salah satu buah yang kaya akan potassium dan magnesium, yang dapat membuat otot-otot tubuh menjadi lebih tenang, dan tidur pun menjadi lebih nyenyak di waktu malam. Namun yang perlu diingat adalah jangan pernah menambahkan gula pada semangkuk oatmeal, karena gula justru akan membuat Anda jadi sulit tidur.

2. KENARI

5MAKANAN-3

Selain kacang almond, kacang kenari juga sangat baik dimakan saat menjelang tidur, agar tidur menjadi lebih nyenyak.  Kenari merupakan sumber tryptophan, yaitu asam amino yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan membantu produksi serotonin dan melatonin. Seperti yang diketahui, siklus tidur seseorang sangat dipengaruhi oleh hormon serotonin dan melatonin. Dengan mengonsumsi kacang kenari sebelum tidur, maka hormon melatonin pada tubuh akan meningkat, sehingga membuat tubuh menjadi lebih cepat merasakan kantuk.

3. IKAN SALMON

5MAKANAN-5

Ikan adalah salah satu makanan yang juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi jika Anda mengalami kesulitan tidur. Seperti yang diketahui, sebagian besar ikan banyak mengandung nutrisi penting, diantaranya vitamin B6. Vitamin B6 banyak membantu tubuh dalam memproduksi hormon yang dapat membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Salah satu jenis ikan yang baik dikonsumsi untuk mendapatkan tidur yang nyenyak adalah ikan salmon. Asam lemak omega-3 yang banyak terkandung didalam ikan salmon terbukti dapat mengurangi lonjakan hormon stress, serta dapat membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih tenang. Dengan mendapatkan cukup omega-3, maka tubuh akan dapat meningkatkan efek melatonin yang membuat tidur Anda menjadi lebih berkualitas.

Selain ikan salmon, makanan laut lainnya yang juga banyak mengandung lemak omega-3 adalah sarden, makarel, tiram, udang, lobster dan juga tuna.

4. SAYURAN HIJAU

5MAKANAN-6

Salah satu sayuran hijau yang dapat membantu tidur Anda lebih nyenyak adalah selada. Sayuran hijau ini mengandung laktucarium yang akan membuat otot saraf menjadi lebih tenang, sehingga terhindar dari gangguan sulit tidur.

Bayam juga baik dikonsumsi agar tidur Anda lebih nyenyak. Bayam mengandung folat, magnesium dan vitamin seperti B6 serta C, yang sangat baik untuk tubuh, sehingga aktivitas istirahat pun menjadi lebih berkualitas.

5. UBI JALAR

5MAKANAN-4

Anda senang mengonsumsi ubi panggang ataupun ubi rebus? Nah, ternyata ubi jalar sangat baik dikonsumsi pada saat menjelang tidur, jika anda mengalami gangguan tidur. Ubi jalar diketahui banyak mengandung protein kompleks dan juga kalium yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Kalium sendiri dapat mencegah kram kaki di malam hari, yang seringkali menjadi salah satu penyebab gangguan tidur. Kalium membuat otot menjadi lebih renggang dan tubuh menjadi lebih tenang.

Selain kalium, ubi jalar juga kaya akan karbohidrat yang sangat dibutuhkan otak untuk membuat serotonin yang dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Untuk mendapatkan manfaat kalium secara maksimal, Anda juga dapat mengonsumsi 1 kaplet Renovit Multivitamin dan Mineral setiap harinya. Karena di dalam 1 kaplet Multivitamin dan Mineral, telah terkandung 12 vitamin dan 13 mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, serta vitamin B6 yang sangat baik untuk tubuh, terutama untuk membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak.

Share Artikel ini :