...
4 Fakta Osteoporosis Yang Jarang Diketahui

FaktaOsteoporosis


Bila merujuk pada gangguan tulang, selama ini mungkin kita hanya mengenal Osteoporosis saja. Namun sebagai informasi, bahwa selain Osteoporosis ada juga Osteoarthritis dan Osteopenia. Ketiganya memiliki perbedaan yang signifikan.

Osteoporosis adalah suatu keadaan yang ditandai dengan massa (berat) tulang yang rendah dan kerusakan pada jaringan di dalam tulang. Osteopenia mengacu pada kepadatan mineral tulang (atau Bone Mineral Density / BMD) yang lebih rendah dibandingkan puncak normal BMD tetapi tidak cukup rendah untuk dapat diklasifikasikan sebagai Osteoporosis. Sedangkan Osteoarthritis, terutama terlihat pada orang tua, adalah penyakit sendi degeneratif yang mempengaruhi tulang rawan persendian yang menyebabkan sulitnya melakukan gerakan tertentu.

Dari 3 jenis gangguan pada tulang tersebut, Osteoporosis yang harus diperhatikan secara lebih serius. Faktanya di Indonesia, 2 dari 5 orang beresiko terkena Osteoporosis. Penyakit ini dapat terjadi pada semua usia, tapi sebagian besar terjadi pada usia di atas 50 tahun.

Wanita memang punya peluang terkena Osteoporosis lebih besar, namun bukan berarti pria tidak beresiko terkena penyakit ini. Pria juga bisa terkena Osteoporosis. Tingkat testoteron yang rendah biasanya bersamaan dengan testis yang mengecil merupakan tanda pria terkena Osteoporosis.

Lemak pada perut pun dapat meningkatkan risiko osteoporosis. Sebuah studi menemukan bahwa memiliki terlalu banyak lemak perut internal dapat berimbas merusak kesehatan tulang.

Jarang keluar rumah juga bisa tingkatkan risiko osteoporosis. Kurangnya bergerak dan berolahraga akan meningkatkan resiko Osteoporosis di kemudian hari. Olahraga diperlukan untuk mendapatkan tulang yang baik.

Untuk itu, sangatlah penting untuk mengurangi resiko Osteoporosis sedini mungkin. Anda bisa mengurangi resiko Osteoporosis dengan cara konsumsi susu berkalsium tinggi dan rutin berolahraga. Selain Kalsium juga perlu dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang lain. Untuk itu, Renovit adalah pilihan tepat! Renovit mengandung 12 vitamin dan 13 mineral lengkap untuk Anda. Sedangkan untuk Anda yang sudah di usia lanjut, bisa dengan mengonsumsi Renovit Gold. Jadi, Ayo konsumsi multivitamin yang tepat untuk menurunkan resiko Osteoporosis di kemudian harinya.

Share Artikel ini :