...
10 Gejala Penyakit Jantung yang harus anda waspadai

penyakitJantung

Anda mungkin kerap mendengar atau bahkan melihat, gejala penyakit jantung diawali dengan rasa sakit di dada. Memang pendapat itu ada benarnya. Namun tidak hanya itu saja, ada banyak gejala-gejala lainnya yang bisa menjadi suatu pertanda bahwa kesehatan jantung Anda sedang terganggu.

Anda bisa mulai meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit jantung bila sudah mengalami 10 gejala berikut ini:

  1. Nyeri pada bagian selain dada
    Yaitu nyeri sesaat pada bagian tubuh bagian atas selain dada seperti pada bagian punggung atas, bahu, lengan, leher, tenggorokan, rahang, dan telinga. Anda akan merasakan sesak, kesemutan, atau merasa seperti terbakar.

  2. Kelelahan yang tidak wajar
    Jika Anda sering merasa lelah padahal baru melakukan aktivitas fisik yang ringan, bisa jadi itu indikasi bahwa ada masalah pada jantung Anda.

  3. Sakit kepala
    Jika Anda sering merasa sakit kepala ketika terkena paparan sinar matahari, Anda harus waspada. Orang yang merasa pusing ketika terkena sinar matahari biasanya memiliki masalah pada jantung. Denyut jantung akan melambat atau bahkan malah berdenyut lebih cepat.

  4. Berkeringat yang tidak wajar
    Salah satu ciri-ciri jantung yang memiliki masalah ialah keluarnya keringat meskipun Anda tidak sedang melakukan aktivitas fisik yang berat atau tidak dalam keadaan yang membuat Anda panik/cemas.

  5. Mual pada perut
    Mual yang berlebihan pada perut juga menjadi salah satu gejala penyakit jantung.

  6. Sesak nafas
    Pembuluh darah yang menghambat aliran darah ke seluruh tubuh akan menyebabkan seseorang mengalami sesak nafas.

  7. Denyut nadi tidak teratur
    Anda perlu waspada jika detak jantung Anda tidak teratur. Ini biasanya disebabkan oleh penebalan otot pada katup jantung.

  8. Pembengkakan
    Pembengkakan pada bagian tubuh seperti di perut dan pergelangan kaki juga menjadi pertanda bahwa terdapat masalah pada jantung.

  9. Insomnia berkepanjangan
    Pada hari-hari atau bahkan berminggu-minggu sebelum serangan jantung, Salah satu gejalanya ialah Anda mengalami insomnia. Anda akan kerap terbangun dari tidur dan tidak bisa melanjutkan tidur kembali.

  10. Rasa gelisah yang berlebih
    Rasa gelisah berlebihan atau serangan panik yang Anda rasakan dan tanpa alasan yang jelas bisa menjadi salah satu gejala penyakit jantung.

Kesepuluh gejala-gejala tersebut adalah gejala yang berpotensi terhadap penyakit jantung. Nah, sebelum semua terlambat, mulailah untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dapat mencegah penyakit jantung. Anda bisa memulai dengan berjalan kaki setiap hari setidaknya 30 menit sehari. Lalu bisa juga dengan mengonsumsi kacang-kacangan, idealnya sekitar 250 gram untuk meningkatkan kadar kolesterol yang baik di dalam tubuh.

Kebiasaan lainnya yang tentu saja akan bermanfaat bagi tubuh adalah dengan menjaga vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam hal ini Anda bisa membiasakan diri dengan menerapkan pola makan yang sehat namun tidak luput pula dengan menambah asupan multivitamin bagi tubuh. Asupan multivitamin tersebut bisa Anda dapatkan dalam satu kaplet Renovit. Dalam satu kapletnya terdapat 12 multivitamin dan 13 mineral yang berguna bagi tubuh.

Penting pula untuk rutin memeriksa kesehatan Anda ke dokter. Penyakit jantung memang patut diwaspadai. Kenali gejalanya dan terus terapkan gaya hidup sehat untuk sayangi kesehatan jantung.

Share Artikel ini :