...
‘Karakter’ Jantung Berbeda, Membuat Wanita Lebih Mudah Panik?

Jantung-125















Banyak orang beranggapan wanita lebih mudah terkejut, panik dan khawatir dibanding pria. Jantung wanita seakan lebih peka dan rapuh. Anggapan ini tidak sepenuhnya salah, karena ada fakta ilmiah yang membuktikan bahwa jantung wanita memang berbeda dengan pria.

  1. Berbeda ukuran. Jantung wanita berukuran lebih kecil 25% dibandingkan jantung pria. Berat rata-rata jantung wanita sekitar 118 gram sedangkan berat rata-rata jantung pria sekitar 178 gram. Perbedaan ukuran jantung juga dipengaruhi Indeks Massa Tubuh (BMI) dan jenis rasnya.

    Jantung-2















  1. Kecepatan detak jantung. Ukuran jantung wanita yang lebih kecil cenderung membuat jantung lebih cepat memompa darah ke seluruh tubuh, yaitu 6 kali lebih banyak dari detak jantung pria.Misalnya, detak jantung harian rata-rata untuk pria adalah 70-72 sementara pada jantung wanita sebanyak 78-82. Hal ini menyebabkan wanita lebih rentan terkena sesak napas dibanding pria. Jadi tak heran jika wanita lebih mudah terkejut dan panik.
  1. Karakter pembuluh vena. Jantung wanita memiliki pembuluh vena yang lebih tipis 1 mm dibanding jantung pria. Tak hanya itu, vena pada jantung wanita juga lebih peka (sensitif) dan mudah mengerut. Meski pengerutan bersifat sementara, namun dapat menyebabkan nyeri dada dan sulit didiagnosis.

Perbedaan fisiologi jantung tersebut menyebabkan gejala serangan jantung pada pria berbeda dengan wanita. Umumnya, gejala serangan jantung pada laki-laki ditandai dengan nyeri dada (angina), nyeri pada lengan kiri dan leher. Sedangkan pada perempuan, gejala yang terjadi adalah nyeri pada bagian ulu hati, sakit rahang, sakit punggung, nyeri leher, sesak nafas, dan mudah lelah.

Sayangnya, keluhan yang terjadi pada perempuan tersebut seringkali tidak disadari sebagai gejala serangan jantung. Sehingga cenderung terdiagnosis pada tahap yang sudah parah dan meningkatkan risiko kematian mendadak (sudden death).

Ditambah lagi, studi menunjukkan sebagian besar wanita mengabaikan kesehatan jantungnya. Demikian dikatakan Assoc. Prof. Dr. Karabulut yang dilansir dari situs acibademinternational.com. Pola hidup yang tidak mendukung seperti jarang berolahraga, tidak memiliki pola makan yang sehat, merokok, sering begadang, dan stres dapat meningkatkan resiko wanita terkena serangan jantung.

          Jantung-3















Untuk mengatasinya, wanita dianjurkan untuk mempertahankan berat badan ideal. Caranya, jalani diet tepat namun tetap memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Jika Anda kesulitan memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral setiap harinya. Konsumsi 1 kaplet Renovit setiap hari. Renovit adalah multivitamin dengan kandungan paling lengkap, dengan 12 vitamin dan 13 mineral yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tubuh Anda sehari – hari.

Dr Karabulut menambahkan wanita sebaiknya juga tidak mengabaikan pengobatan jika mengalami hipertensi atau diabetes, tidak merokok,dan menjauhi stres. Jadi para wanita, mulailah peka dengan kesehatan jantung Anda.

Share Artikel ini :